OUR NETWORK
Jumat, September 20, 2019
OUR NETWORK

Rilisan Terbaru MAMAMOO, ‘Gogobebe’ Dituding Plagiat Hits ‘Friends’ dari DJ Marshmello & Anne Marie

Girl group MAMAMOO kembali tersandung skandal plagiarisme. Kali ini, rilisan terbaru MAMAMOO, ‘Gogobebe’ ditenggarai merupakan plagiat dari lagu hits, ‘Friends’ dari DJ Marshmello & Anne Marie. Tak hanya persamaan dari segi musikalitas, beberapa elemen pada musik video kedua lagu ini pun dituding sama.

Pada 25 Maret kemarin, sebuah postingan di forum Korea Selatan menunjukan beberapa kesamaan antara rilisan terbaru MAMAMOO, ‘Gogobebe’ dan ‘Friends’ dari DJ Marshmello & Anne Marie.

Beberapa bagian dari kedua hits ini terdapat kesamaan. Terutama pada bagian pembuka, dimana diklaim ‘Gogobebe’ dan ‘Friends’ terdengar begitu mirip. Meskipun pada rilisan terbaru MAMAMOO, tempo yang digunakan berbeda dengan mega hits dari DJ Marshmello tersebut.

Netizens juga memperlihatkan beberapa elemen kesamaan lain dari kedua lagu ini. Kali ini pada musik video.

Musik video ‘Gogobebe’ dan ‘Friends’ sama-sama dibuka dengan menampilkan gambar sebuah rumah.

Selain itu, pada musik video ‘Gogobebe’ pun MAMAMOO menyisipkan elemen karikatur wajah yang menjadi ciri khas DJ Marshmello.

‘Gogobebe’ disebutkan tak hanya memiliki kesamaan dengan ‘Friends’ saja. Rilisan terbaru MAMAMOO, yang meluncur pada 14 Maret juga dituding mirip dengan lagu milik Kim Gun Mo, ‘Jjang-ga.’

Walau pada akhirnya ditemukan Kim Gun Mo berada di daftar komposer yang mendapatkan credit untuk ‘Gogobebe.’

Skandal plagiarisme ini bukan pertama kali untuk MAMAMOO. Girl group ini beberapa kali tersandung klaim yang sama untuk hits mereka.

Seperti ‘1cm’ dituding mirip dengan ‘Under the Influence’ dari Eminem, ‘You’re the Best’ memiliki bagian yang sama dengan ‘Happy Boys and Girls’ daro Aqua. Serta ‘Starry Night’ mendapatkan kontroversi yang sama karena kemiripan dengan ‘Prayer In C’ dari Lilly Wood & The Prick and Robin Schulz.

Comments

Loading...