test
Sabtu, Juli 13, 2024

Latest Posts

Romantis Sekaligus Kelam, Ini 5 MV K-Pop Terinspirasi Wong Kar Wai

Bagi penggemar film, Wong Kar Wai bukan nama yang asing. Sutradara satu ini sudah melahirkan sederet karya film apik yang legendaris. Menariknya, karya dari sang sutradara banyak menginspirasi berbagai seni di media lain. Diantaranya serangkaian MV K-pop terinspirasi Wong Kar Wai di bawah ini.

Wong Kar Wai adalah seorang sutradara dari Hongkong yang dikenal melalui karya film dengan gaya unik. Film karya Wong Kar Wai biasanya memiliki grading warna dengan perpaduan hijau, merah, dan kuning. Selain grading warna khas, karya film sang sutradara juga mengedepankan kisah cinta romantis yang sekaligus juga meremukkan hati.

Kisah cinta romantis tersebut seringnya dibungkus dalam jalan cerita kelam. Sehingga melahirkan sebuah film yang sanggup membuat penontonnya selalu terbayang.

Nah selain banyak film, juga ada karya seni di bidang lain yang terinspirasi dari Wong Kar Wai. Diantaranya sederet MV K-pop terinspirasi Wong Kar Wai di bawah ini.

1. Key Feat. Taeyeon – “Hate that…”

Kolaborasi dari dua vokalis unggulan SM Entertainment ini mungkin salah satu yang benar-benar menunjukan kekhasan karya seni dari Wong Kar Wai. Di musik video untuk lagu R&B balada ini, ‘SHINee’ Key dan ‘Girls’ Generation’ Taeyeon ini memperlihatkan betapa pedihnya rasa patah hati.

Di musik video, Key diperlihatkan sedang melihat ke luar dari sebuah jendela berbentuk lingkaran. Sinar oranye dan merah yang membasuh sang vokalis mempertegas kesan dari film-film Wong Kar Wai. Adegan tersebut juga mengingatkan pada film karya sang sutradara, “2046” dimana ditunjukan sang karakter berada di dalam kereta api yang membawa mereka ke tempat untuk kembali mengingat kenangan dulu.

Adegan dalam MV tersebut sangat cocok dengan lirik “Just a stranger worse than a bad memory/I’ll be just wiped off after being thrown away” pada lagu.

2. DAY6 (Even of Day) – “Right Through Me”

Satu lagi MV K-pop terinspirasi Wong Kar Wai yang jelas digambarkan dalam adegan serta lirik. Musik video serta lirik lagu “Right Through Me” menceritakan mengenai sebuah hubungan percintaan yang sangat buruk. Sayangnya kedua pasangan tersebut seakan tidak sanggup mengakhiri hubungan itu.

Video musik “Right Through Me” sangat khas Wong Kar Wai. Beberapa adegan di video musik ini seakan mengambil inspirasi dari film sukses sang sutradara, “Happy Together.”

3. Jackson Wang – “LMLY”

Adegan dimana Jackson Wang diperlihatkan mengendarai sepeda motor jelas terinspirasi dari akhir film Wong Kar Wai, “Fallen Angels.” Seperti juga di adegan terakhir film tersebut, di MV “LMLY” sang rapper boygroup GOT7 juga mengajak sang gadis untuk mengendarai sepeda motor bersama-sama.

Baik di MV maupun film, adegan tersebut menggambarkan bagaimana hubungan romantis dan masa bahagia sang pasangan tidak bertahan selama-lamanya.

4. Wonwoo dan Mingyu (feat. Lee Hi) – “Bittersweet”

Musik video “Bittersweet” mengambil inspirasi dari film terkenal Wong Kar Wai lain, “Chungking Express.” Lagu dari dua rapper SEVENTEEN ini menunjukan adegan ketika berada di sebuah toko hingga bar.

Seperti juga “Chungking Express”, musik video “Bittersweet” menggambarkan pasangan yang tidak bisa bersatu karena waktu tidak pernah tepat untuk keduanya. Tema yang juga diangkat dalam lirik lagu “Bittersweet”.

5. Suzy – “Yes No Maybe”

Video musik untuk lagu hits milik Suzy ini memang sudah digadang-gadang akan terinspirasi dari Wong Kar Wai. Mulai dari sisi estetika hingga jalan cerita. Demi menegaskan kesan khas karya Wong Kar Wai, Suzy bahkan melakukan syuting video musik “Yes No Maybe” di Hongkong.

Tema mengenai cinta begitu kelam yang diangkat dalam “Yes No Maybe” terinspirasi dari “In the Mood for Love.” Begitupun beberapa adegan di video musik yang merupakan ode untuk film “Fallen Angels”.

 

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss