OUR NETWORK
Jumat, Agustus 23, 2019
OUR NETWORK

“Running Man” Siarkan Permintaan Maaf Resmi Atas Plagiarisme Webtoon “Money Game”

Kasus plagiarisme Webtoon “Money Game” yang membelit “Running Man” masih berlanjut. Setelah sebelumnya menyebut akan melakukan tindakan atas hal tersebut, produser variety show ternama menyiarkan permintaan maaf resmi di episode terbaru “Running Man”.

Pada episode “Running Man” yang tayang 26 Mei, nampak adanya permintaan maaf resmi kepada penulis Webtoon “Money Game”, Bae Jin Soo. Permintaan maaf tersebut melanjuti aksi plagiarisme Webtoon “Money Game” di acara “Running Man” episode 449 yang tayang pada 28 April.

“Kami produsen ‘Running Man’ sangat meminta maaf kepada penulis Bae Jin Soo karena menerapkan konsep dan kisah webtoon Money Game’ ke episode 449 [‘Running Man’] tanpa meminta persetujuannya terlebih dahulu. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mencegah hal ini terjadi lagi,” tertulis pada caption saat penayangan episode terakhir “Running Man”.

Selain itu, produsen program acara ternama dari SBS ini pun memastikan untuk menghapus semua adegan yang dianggap terlalu mirip dengan Webtoon “Money Game” di siaran streaming VOD untuk “Running Man”.

Di sisi lain, Naver Webtoon disebut sudah melakukan negosiasi dengan Bae Jin Soo mengenai plagiarisme Webtoon “Money Game”.

“[Penghapusan konten] adalah sesuatu yang kami [sangat] minta. Semakin luas penyebaran konten setelah siaran, semakin besar kerusakan yang ditimbulkan penulis asli, karena ia belum mendapatkan kompensasi yang layak.”

Pemimpin Kim Shin Bae dari departemen bisnis Naver Webtoon menyatakan, “Kami senang bahwa kami dapat mencapai kesepahaman dengan SBS secara damai. Pelanggaran hak cipta semacam ini dapat terjadi pada penulis mana pun, bukan hanya penulis Bae Jin Soo, jadi kami akan terus melakukan yang terbaik untuk melindungi hak cipta penulis – hak paling mendasar bagi penulis.”

Comments

Loading...