OUR NETWORK
Senin, Maret 8, 2021
OUR NETWORK

Segini Nih Uang yang Harus Dikeluarkan Untuk Membuat Grup Kpop!

Menurut angka statistik di JYP Entertainment, biaya untuk membuat sebuah grup Kpop adalah sebesar 900juta Won lo! Angka tersebut setara dengan sekitar 11 miliar rupiah lebih. Wow!

Pengaruh jumlah member

Angka tersebut berdasarkan hipotesis dari boygroup dengan beranggotakan 5 orang. Jika masing-masing member berlatih selama rata-rata 3 tahun, maka JYP Entertainment akan menghabiskan biaya antara 700 juta won sampai 900 juta won.

Biaya comeback

Biaya untuk membuat sebuah grup comeback ternyata juga nggak murah. Sebuah mini album berisi 3 lagu akan membutuhkan dana sebesar 12 juta won untuk rekaman dan 15 juta won untuk biaya produksi. Jadi perlu modal total 27 juta won hanya untuk membuat 3 lagu!

Biaya produksi MV

Biaya produksi untuk sebuah MV rata-rata adalah 150 juta won. Jika agensi ingin merilis MV untuk setiap lagu dalam mini-album tersebut, maka perlu biaya sebesar 450 juta won, ditambah lagi dengan biaya untuk syuting sampul album yang membutuhkan dana sebesar 20 juta won.

Biaya produksi mini-album tersebut, sebenarnya bukan apa-apa jika dibandingkan dengan biaya promosinya. Mempromosikan grup Kpop di acara-acara musik akan menghabiskan dana sebesar 500 juta won lo!

500 juta won tersebut meliputi: 50 juta won untuk koreografi, 100 juta won untuk backup dancer, 170 juta won untuk kostum manggung (dipakai untuk 6 minggu promosi, di 4 acara musik dalam seminggu), dan 10 juta won untuk makeup saat manggung. Viral marketing membutuhkan 150 juta won sedangkan untuk keperluan lain-lain sebesar 2 juta won.

Jika biaya debut 900 juta won, 197 juta won untuk mini-album, dan 500 juta won untuk comeback, maka agensi akan menghabiskan biaya lebih dari 1,5 miliar won untuk satu grup aja!

Butuh modal besar

K-Pop, pada intinya, adalah bisnis yang sangat kompetitif dan menguntungkan. Agensi menuangkan modal yang besar ke idol mereka karena mereka mengharapkan laba yang cukup besar sebagai imbalannya. Selain yang bernaung di agensi SM, YG, dan JYP, idol Kpop dibebani hutang investasi debut oleh agensi mereka. Makanya beban mereka semakin berat sehingga banyak di antara mereka yang gagal dan bubar.

Nah, jadi segitu tuh biaya untuk membuat sebuah grup Kpop. Mahal banget nggak sih menurut kamu?

Sumber: instiz

Comments

Loading...