OUR NETWORK

Seorang Rapper China Diduga Memplagiat Lagu BTS, ARMY Beraksi!

Fans menduga seorang rapper China memplagiat instrumental dari lagu BTS “Ddaeng” setelah melihat kemiripan di antara kedua lagu tersebut.

“Ddaeng” BTS adalah diss-track yang diproduksi bersama oleh Suga dan dibawakan oleh rapper BTS, RM, Suga, dan J-Hope. Lagu tersebut dirilis sebagai bagian dari menjelang ulang tahun kelima BTS, yang berlangsung pada 13 Juni 2018.

Baru-baru ini, ARMY menemukan lagu milik seorang rapper China, D-Day, yang mereka klaim terdengar terlalu mirip dengan lagu “Ddaeng”.

Komposit ini, yang melapisi dua lagu, mengungkapkan kesamaan yang tidak dapat disangkal dalam ketukannya.

Setelah menemukan dugaan plagiarisme, ARMY mengekspresikan kemarahan mereka dan berusaha membawa insiden itu ke perhatian label BTS, Big Hit Entertainment.

Pernyataan agensi D-Day

Menanggapi reaksi para ARMY, agensi D-Day merilis pernyataan resmi tentang masalah tersebut.

Agensi mengklaim bahwa D-Day, sesama penyanyi-penulis lagu HAMY, dan produser DMT menyusun lagu itu bersama. Mereka mengklaim bahwa lagu mereka “sangat berbeda” dalam hal “melodi, komposisi not, dan progresi akor” dari “Ddaeng”.

Agensi juga menyatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan terhadap siapa pun yang menyebarkan desas-desus palsu dan tuduhan terhadap artis dan karya asli mereka.

ARMY tidak setuju dengan pernyataan ini dan menolak untuk mengubah sikap mereka. Meskipun agensi menyatakan bahwa lagu D-Day adalah karya orisinal, banyak fans BTS yang masih nggak percaya bahwa kesamaan itu kebetulan.

Pada 1 Januari, lagu D-Day dilaporkan telah dihapus dari situs streaming-nya, karena ilegalitas. Namun pernyataan resmi tentang penghapusannya belum dibuat.

Menurutmu, dia beneran memplagiat lagu BTS nggak sih?

Baca juga: Girlband Asal China Ini Dituduh Memplagiat F(X) Dan Red Velvet

Sumber: (1)

Comments

Loading...