OUR NETWORK
Sabtu, Juli 24, 2021
OUR NETWORK

Suara Irene Red Velvet dan Taeyong NCT Ditambahkan ke AI Speaker yang Dikembangkan oleh SK Telecom dan SM Entertainment

foto via soompi

Suara dari Irene Red Velvet dan Taeyong NCT akan terdengar di speaker AI baru. Setelah memulai kolaborasi mereka pada bulan Januari, SK Telecom dan SM Entertainment akan meluncurkan speaker AI “NUGU” dengan fungsi alarm dan penjadwalan yang menampilkan suara artis SM Entertainment.

Pada 29 Oktober di SK Group Tech Summit, SK Telecom memamerkan fungsi “celeb alarm” dan “celeb schedule” yang akan ditambahkan ke “NUGU” bulan depan.

“Celeb alarm” adalah layanan yang memberi tahu pengguna dengan suara selebriti. Ada waktu di masa lalu di mana selebriti meminjamkan suara mereka untuk digunakan sebagai alarm atau dijual sebagai konten, tetapi itu dilakukan dengan memutar rekaman suara selebriti. “Celeb alarm” yang ditawarkan oleh SK Telecom menggunakan teknologi suara-buatan dan pengguna akan dapat memilih nama hewan peliharaan untuk suara yang akan digunakan untuk merujuk mereka.

“Celeb alarm” dibuat menggunakan teknologi Text To Speech (TTS) SK Telecom. TTS menggunakan suara seseorang yang direkam sebelumnya, membagi audio menjadi kata-kata, dan menggabungkannya kembali melalui mesin eksklusif. Teknologi TTS di masa lalu membuatnya mudah terlihat bahwa suara itu disintesis karena suara mekanis, tetapi SK Telecom mampu menciptakan audio yang disintesis yang terdengar alami berkat “teknologi pembelajaran yang dalam.”

“Celeb schedule” berfungsi untuk membacakan jadwal resmi SM Entertainment. Karena menggunakan teknologi TTS, tidak perlu untuk merekam suara tambahan dari artis bahkan jika jadwal baru ditambahkan setiap hari.

Kemitraan SK Telecom dan SM Entertainment dimulai pada 2017. SK Telecom menginvestasikan 25 miliar won di perusahaan peralatan audio iRiver dan meningkatkan modal SM C&C sebesar 60 miliar won. SM Entertainment juga menginvestasikan 40 miliar won dan 7,3 miliar won dalam peningkatan modal di masing-masing area.

Pada bulan Januari, kedua perusahaan menandatangani kesepakatan untuk kerjasama teknis di CES 2019 di Las Vegas. Di sana, mereka mengungkapkan rencana untuk mengembangkan perusahaan baru menggunakan ICT (Information and Communication Technology) dan konten SM Entertainment.

“Celeb alarm” dan “celeb schedule” adalah beberapa cara pihak ketiga dapat bergabung dengan ekosistem “NUGU”. SK Telecom dapat menawarkan layanan menggunakan suara artis sementara SM Entertainment dapat mengkomersilkan suara artisnya.

Pada pidato pembukaan ICT Tech Summit, CEO SK Choi Tae Won mengatakan, “Teknologi ICT baru berkembang begitu pesat sehingga hampir tidak mungkin untuk menjadi kompetitif secara mandiri. Kita perlu menjadikan SK Tech Summit menjadi infrastruktur di mana SK dan mitra luarnya dapat membangun ekosistem yang dapat menciptakan kerja sama dan pertumbuhan.”

Teknologi TTS SK Telecom dapat digunakan untuk memperluas layanannya sehingga individu dapat merekam suara mereka sendiri di masa depan. Sebuah sumber dari SK Telecom mengatakan, “Kami sedang mengembangkan layanan untuk layanan individual menggunakan data suara, tapi kami belum membahas perluasan fungsi di luar alarm seleb.”

Sumber: (1)

Comments

Loading...