Kamis, September 29, 2022

Latest Posts

Sudah Tahu? 8 Lagu K-Pop Populer Ini Memiliki Referensi Tak Terduga Ke Track Lain

Referensi dan sample sudah bukan lagi hal baru dalam industri musik K-pop. Menariknya, sederet lagu K-pop populer ini justru secara tidak terduga memiliki referensi ke track lain. Baik itu track rilisan sebelumnya maupun lagu hits dari penyanyi serta group lain. Sudah tahu lagu apa saja?

Ada banyak cara bagi K-pop group untuk menyisipkan referensi dari lagu-lagu lain ke dalam rilisan mereka. Baik itu melalui lirik, verse rap, bahkan juga koreografi. Seringnya, penggemar justru tidak menyadari adanya referensi-referensi tersebut.

Di bawah ini merupakan lagu K-pop populer yang memiliki referensi tak terduga ke track lain.

1. TWICE – “Talk that Talk”

Lagu terbaru dari TWICE memiliki sederet referensi ke rilisan-rilisan mereka sebelumnya. Bukan hanya pada video musik, yang memang memiliki beberapa detail mengenai lagu yang sudah mereka rilis. Namun juga pada lirik.

Beberapa lirik referensi di lagu “Talk that Talk” ini seperti pada line milik Sana, yang merupakan referensi ke “More & More”. Begitu juga dengan line Tzuyu yang jelas memberikan referensi ke lagu hits mereka sebelumnya, “YES or YES.”

2. TXT – “Angel or Devil”

Para penggemar mungkin sudah langsung bisa melihat referensi untuk “Cat & Dog” di lagu dari TXT satu ini. Namun mungkin belum banyak yang menyadari bahwa referensi tersebut juga ada di lirik lagu tersebut.

Tidak itu saja, TXT rupanya juga menyertakan referensi lain di lagu “Angel or Devil”. Di intro awal, boygroup tersebut memberikan referensi ke lagu hits “Boy in Luv” milik senior mereka, BTS. Ada yang menyadari?

3. Jeon Somi – “XOXO”

TXT bukan satu-satunya yang menyisipkan referensi dari lagu milik senior satu agensi. Jeon Somi juga menyertakan referensi lagu solo, “SOLO” dari member BLACKPINK, Jennie.

Di lagu “XOXO” tersebut, Somi memberikan referensi pada lirik hingga koreografi. Tentu saja hal ini tidak mengejutkan mengingat Somi juga diketahui sebagai penggemar BLACKPINK.

4. iKON – “BLING BLING”

Satu lagi idol group yang memberikan referensi dari senior mereka. Kali ini iKON menyertsakan referensi dari senior satu agensi di YG Entertainment, BIG BANG.

Referensi di lagu “BLING BLING” ini mengambil referensi dari line yang sangat populer di lagu BIG BANG, “BANG BANG BANG”.

5. Red Velvet – “Umpah Umpah”

Lagu K-pop populer ini memiliki paling banyak referensi dari rilisan mereka sebelumnya. Verse serta rap milik Joy dan Irene di lagu ini mengambil referensi dari “Red Flavor,” “Dumb Dumb,” “Ice Cream Cake,” hingga lagu debut mereka, “Happiness”. Tidak heran bila “Umpah Umpah” masih menjadi lagu favorit penggemar hingga saat ini ya?

6. NCT Dream – “We Go Up”

Referensi di lagu “We Go Up” mungkin tidak banyak disadari oleh penggemar. Di lagu ini, verse rap dari Jeno sebenarnya memiliki referensi ke lagu debut NCT Dream, “Chewing Gum.” Tentu saja referensi ini menjadikan “We Go Up” semakin memorable mengingat lagu ini juga menjadi comeback pertama Jaemin setelah cedera punggung.

7. BLACKPINK – “Pink Venom”

Salah satu lagu rilisan baru dengan referensi yang sama sekali tidak terduga. “Pink Venom” mengambil referensi dari lagu hits penyanyi ternama dunia, Rihanna. Verse rap dari Lisa memiliki bagian lirik dan juga flow yang sama dengan lagu hits yang dirilis tahun 2005 tersebut.

8. BTS – “IDOL”

Mega hits dari BTS ini memiliki beberapa referensi, yang mungkin sudah diketahui oleh penggemar. Meski begitu sepertinya belum banyak ARMY yang menyadari adanya referensi dari rilisan BTS sebelumnya, “Anpanman” di lirik rap J-Hope dan juga koreo pada line ini.

Nah dari lagu K-pop populer di atas, mana nih referensi yang tidak kalian duga?

 

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss