OUR NETWORK
Sabtu, Februari 29, 2020
OUR NETWORK

‘Super Junior’ Shindong Dikritik Setelah Komentari Kemampuan Bahasa Korea ‘(G)I-DLE’ Shuhua

‘Super Junior’ Shindong mendapat kritikan setelah komentar bernada xenophobia pada ‘(G)I-DLE’ Shuhua. Idol sekaligus bintang variety show tersebut menjadi salah satu MC di segmen “Ask Us Anything.” Saat itulah komentar Shindong mengenai bahasa Korea Shuhua dinilai xenophobia.

Pada 11 Januari kemarin, member ‘(G)I-DLE’ Shuhua serta Soojin dan Yuqi menjadi bintang tamu di “Ask Us Anything.” Mereka menjadi bintang tamu untuk segmen terbaru yang dipresenteri oleh Jang Sung Kyu, ‘Super Junior’ Shindong, dan Jeong Sewoon.

Bintang tamu dan juga presenter berkompetisi di untuk “random dance competition” di segmen ini. Dimana mereka menunjukan pengetahuan untuk koreografi tarian dari lagu yang diputar.

Selain segmen tersebut, para bintang tamu dan presenter bercakap-cakap. Saat inilah, Jang Sung Kyu bertanya pada ‘(G)I-DLE’ Shuhua apakah masih kesulitan untuk berbicara bahasa Korea. “Bukankah bahasa Korea masih terlalu sulit bagimu untuk bisa berbicara di variety show?”

Idol yang berasal dari Taiwan ini menjawab bahwa berbicara bahasa Korea tak sulit lagi, “Itu tidak sulit,” dan Jang Sung Kyu menjawab, “Tampaknya sulit bagimu.”

Jawaban tersebut pun dikomentari oleh Shindong dengan, “tidak sulit bagi Shuhua untuk berbicara bahasa Korea, tetapi sulit bagi kami untuk mendengarkan. Dia sangat percaya diri.”

Komentar dari Shindong ini yang dinilai oleh penggemar memiliki nada xenophobia mengingat tak mudah untuk Shuhua mempelajari bahasa tersebut.

“Saya pikir kalian tidak tahu mengapa ini kasar atau xenophobia. Tolong jangan bersikap kasar kepada seseorang yang telah berurusan dengan banyak rasa sakit dan kesulitan mencoba yang terbaik untuk menjalani impian mereka di negara asing. Ini tidak sopan, tolong minta maaf Shindong,” tulis seorang penggemar yang meminta Shindong meminta maaf atas komentarnya.

Sampai saat ini belum ada klarifikasi dari SJ Label atau pun Cube Entertainment mengenai permasalahan tersebut.

Di sisi lain, pada 12 Desember, ‘(G)I-DLE’ Shuhua menjelaskan melalui Instagram bahwa MC di “Ask Us Anything” tidak membuatnya merasa terluka. Malah sebaliknya, mereka justru bersenang-senang.

https://www.instagram.com/p/B7NV4CyFGYE/?utm_source=ig_embed

Berikut isi unggahan Instagram Shuhua:

Semuanya ~~ Apakah Anda bersenang-senang menonton “Ask Us Anything”? Saya harap Anda bersenang-senang !!
Anggota dan saya benar-benar~ ingin tampil di acara itu.
Saya mengerti bahwa Anda khawatir, tetapi saya tidak terluka sama sekali. Sebaliknya, para MC sangat baik dan merawat kami, jadi itu benar-benar menyenangkan~~
Saya berterima kasih kepada sunbaenim yang baik hati karena selalu tersenyum kepada kami dan mengajari kami berbagai hal selama rekaman!
Dua sunbaenim menghubungi saya karena mereka khawatir. Jangan merasa menyesal~~ Tidak apa-apa. Saya harap sunbaenim kami juga tidak terasa sakit.
Semuanya, terima kasih telah menunjukkan minat.
Nantikan “Ask Us Anything” minggu depan juga, dan berikan banyak cinta.

 

Sumber: (1) (2)

Comments

Loading...