Rabu, Agustus 10, 2022

Latest Posts

Super Populer! Top 5 Serial K-Drama Terbanyak Didiskusikan di Twitter

Selain K-pop, popularitas serial K-drama dalam beberapa tahun terakhir meningkat tajam. Penonton di seluruh dunia mulai tergila-gila, bahkan menanti setiap episode dari tayangan drama favorit. K-drama populer ini juga menjadi topik populer tersendiri di Twitter.

Dalam acara konferensi online MU:CON 2021, Kim Yeonjeong, kepala dari Global K-Pop & K-Content Partnerships di Twitter memberikan presentasi berjudul “#BeyondKPOP: Globalization of K-Culture from K-Pop music to Movie, Drama, Webtoon, and Beyond”. Presentasi ini mengenai berkembangnya kultur Korea lebih dari K-pop.

Kim Yeonjeong mengumpulkan data-data yang diambil dari Twitter untuk menunjukan popularitas film Korea dan serial K-drama di seluruh dunia hingga semakin banyak didiskusikan secara online.

Dari data berisi Tweet berbahasa Inggris yang dikumpulkan oleh Twitter dan VAV dari Juli 2018 hingga Juni 2021, terkumpul daftar 20 K-drama paling banyak didiskusikan secara global di Twitter. Berikut ini merupakan 5 teratas dari daftar serial K-drama tersebut.

5. “Sky Castle”

“Sky Castle” berada di urutan kelima sekaligus serial K-drama tertua di daftar ini. Tayang pada November 2018 hingga Februari 2019, drama dengan pencapaian rating tinggi di Cina dan Korea Selatan ini juga meraih popularitas secara global.

Cerita tentang kerasnya dunia pendidikan di Korea Selatan dengan berbagai ketimpangan sosialnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Selain itu “Sky Castle” juga menjadi serial drama dalam daftar ini yang popularitasnya tidak berkaitan dengan K-pop secara langsung.

Pengguna media sosial banyak mendiskusikan mengenai plot twist dalam jalan cerita “Sky Castle.” Misteri yang menyelimuti hampir setiap episode pun semakin meningkatkan topik diskusi mengenai drama satu ini.

4. “Vincenzo”

Drama populer yang dibintangi oleh aktor ternama Song Joong Ki ini pun ramai menjadi topik diskusi di Twitter sepanjang awal tahun ini. “Vincenzo” tayang mulai bulan Februari hingga Mei 2021 dan tidak diragukan lagi mencapai popularitas serta rating tinggi. Baik itu di negara asalnya sendiri di Korea Selatan maupun internasional.

Selain Song Joong Ki, bintang KPOP Taecyeon dari boy group 2PM pun menjadi bintang di serial K-drama ini.

Jalan cerita yang unik serta perpaduan genre aksi dan kriminalitas dengan komedi segar menjadi keunggulan sendiri. Topik diskusi mengenai drama ini pun mencapai skala internasional sejak episode pertama tayang.

3. “True Beauty”

“True Beauty” sudah mencuri perhatian sebelum penayangan resminya. Bahkan drama adaptasi webtoon populer ini sudah diantisipasi sejak rencana pembuatan drama resmi diumumkan.

Popularitas “True Beauty” semakin melesat ketika idol-aktor populer, Cha Eunwoo dari boy group ASTRO dipastikan menjadi pemeran utama. Tayang pada Desember 2020 hingga Februari 2021, “True Beauty” menjadi salah satu serial K-drama paling banyak didiskusikan di Twitter sepanjang awal tahun.

2. “Itaewon Class”

Jalan cerita yang seru memang menjadi salah satu alasan penonton tergila-gila dengan drama satu ini. Namun di sisi lain berdasarkan dari word cloud di data Twitter, popularitas “Itaewon Class” juga berkaitan dengan ‘BTS’ V yang menyanyikan soundtrack di dalamnya.

Kaitan popularitas “Itaewon Class” dengan member BTS V memang menarik diperhatikan. Hal ini menunjukan bagaimana konten media dari Korea Selatan saling berkaitan satu sama lain. Contohnya tentu saja seperti K-drama yang menjadi banyak didiskusikan di sosial media karena kaitannya dengan bintang K-pop papan atas.

1. “Kingdom”

Meski terdapat kaitan antara popularitas K-drama dengan K-pop, bukan berarti ini menjadi satu-satunya faktor. “Kingdom” membuktikan bahwa sebuah serial K-drama bisa menjadi populer secara global meski tidak terdapat koneksi dengan K-pop.

“Kingdom” merupakan serie yang tayang sejak awal 2019. Ceritanya diangkat dari serial web komik, “The Kingdom of the Gods” dan memasangkan genre historikal dengan thriller serta horor.

Keunikan jalan cerita, proses produksi kelas atas, dan juga aktor serta aktris berkemampuan akting terbaik menjadi alasan tersendiri untuk popularitas drama satu ini.

 

Source: Koreaboo

Latest Posts

Don't Miss