Minggu, Mei 29, 2022

Latest Posts

10 Skandal dan Kontroversi Teraneh di Dunia Hiburan Korea Selatan 2021

Dunia hiburan Korea Selatan memang tidak terduga. Termasuk juga skandal dan kontroversi yang mengikuti. Di tahun ini saja terdapat sederet skandal dan kontroversi teraneh yang membuat heboh dunia hiburan Korea Selatan.

Mulai dari iklan susu dan popcorn, lelang baju idol, hingga diskriminasi untuk penamaam video di YouTube pernah menjadi skandal dan kontroversi tersendiri di tahun ini. Agar tidak ketinggalan, berikut ini 10 skandal dan kontroversi yang terjadi di Korea Selatan tahun 2021.

1. Iklan Susu “Seoul Milk” Dinilai Misogynist

Iklan susu “Seoul Milk” menjadi salah satu skandal teraneh tahun ini. Netizen meluapkan amarah dan kritikan keras karena iklan tersebut dinilai mengusung nilai misogynist.

Di dalam iklan, diperlihatkan para wanita yang sedang melakukan yoga sampai bersantai di padang hijau. Kemudian ada seorang pria yang diam-diam mengintip. Tidak lama kemudian, para wanita tersebut berubah menjadi sapi.

Iklan ini tentu saja dinilai merendahkan wanita. Selain juga perilaku pria yang merekam diam-diam dituding sebagai molka atau kamera tersembunyi yang memang menjadi masalah tersendiri di Korea Selatan.

2. Lelang Baju Bekas ‘BTS’ Jimin

BTS dan Jimin tersandung skandal dan kontroversi teraneh tahun ini. Kali ini berkaitan dengan lelang baju yang dilakukan oleh Myart Auction.

Myart Auction rencananya akan menggelar lelang untuk baju yang dikenakan BTS pada penampilan mereka di Gyeongbokgung Palace. Saat membawakan lagu hits “Idol” untun The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, BTS mengenakan kostum panggung berupa pakaian tradisional Korea Selatan.

Menariknya dalam pernyataannya, Myart Auction mengungkap bahwa lelang baju Jimin dilakukan sebelum dicuci. Bahkan menyebut terdapat bau badan Jimin masih menempel.

Tentu saja hal ini mendapat reaksi keras dari penggemar. Hingga proses lelang tersebut pun dibatalkan.

3. Seksualisasi di Iklan Popcorn CGV

Skandal dan kontroversi teraneh berikutnya masih mengenai iklan. Kali ini iklan CGV yang dinilai terlalu seksualisasi.

Pada iklan ditampilkan seoranb pria tampan dan seksi yang berpose bersama popcorn. Netizens mengkritik bagaimana iklan tersebut melakukan seksualisasi karena sang model tidak mengenakan pakaian.

Masalahnya, mengapa perlu menampilkan model pria seksi untuk mengiklankan popcorn?

4. Pidato ‘After School’ Nana Terlalu Panjang

Skandal yang tidak kalah aneh terjadi pada Nana. Tahun ini, membee girl group After School tersebut mendapatkan penghargaan di bidang akting. Saat memberikan pidato kemenangan, Nana justru mendapat kritikan.

Netizens menilai pidato Nana terlampau panjang. Mereka bahkan mengungkap bahwa Nana berpidato selama 5 menit. Sedangkan aktor serta aktris senior yang juga mendapat penghargaan saat itu hanya berpidato antara 1 menit bahkan 40 detik.

Melalui Instagram, Nana lantas menyuarakan pandangannya mengenai skandal ini. Sang idol-aktris merasa tidak ada yang salah dan ia hanya ingin menyampaikan terima kasih tanpa melupakan seorang pun.

5. Dear U Menggunakan Karakter TinyTan Milik BTS

Dear U, yang merupakan kanal multiverse dengan NFT besutan SM Entertainment tersandung skandal. Kejadian ini bermula saat SM Entertainment mempresentasikan konsep dan rencana konten SM Culture Universe (SMCU) metaverse melalui NFT.

Dalam konferensi IPO tersebut, SM memperlihatkan beberapa slide berbeda. Salah satunya untuk Dear U.

Namun untuk promosi Dear U ini, SM Entertainment menggunakan karakter TinyTAN J-Hope dari BTS. Tentu saja netizen merasa kebingungan karena hak cipta TinyTAN berada di bawah agensi BTS, Hybe Entertainment.

6. Eliminasi Kontestan “My Teenage Girl”

Skandal kali ini tidak kalah aneh. Walau mungkin juga menyakitkan.

Pada babak eliminasi di episode 2 “My Teenage Girl”, kontestan Park Hyo Rim dan Joo Jae Hyun masing-masing hanya mendapatkan 2 voting dari juri. Ini berarti mereka akan tereliminasi.

Namun saat itu, juri menyadari adanya kekeliruan. Bahwa hasil voting berbeda dengan yang mereka berikan kepada tim produksi. Setelah melakukan rapat singkat, MC Yoon Kyun Sang menjelaskan kepada penonton dan kontestan mengenai kesalahan tersebut dan akan melakukan eliminasi ulang.

Hanya saja pada eliminasi ulang ini, hanya voting untuk Joo Jae Hyun yang mengalami kesalahan. Hal ini tentu saja berarti Park Hyo Rim melalui lagi proses eliminasi untuk kedua kali.

Kejadian ini bahkan membuat juri Ok Ju Hyun menangis sedih memikirkan Park Hyo Rim yang dua kali melalui sakitnya tereliminasi.

7. Permainan Berbahaya “Running Man”

“Running Man” dinilai melakukan permainan yang terlalu berbahaya. Di episode 576 yang tayang pada 24 Oktober, para member bermain untuk menempelkan tepung berwarna biru pada wajah satu sama lain.

Namun member yang terlalu bersemangat dan permainan yang cepat membuat pukulan di wajah cukup keras. Netizen lantas mengkritik bahwa permainan satu ini terlalu berbahaya untuk dimainkan di televisi.

8. CUBE Entertainment Ucapkan Selamat Ulang Tahun Pada ‘(G)I-DLE’ Soojin

Ucapan ulang tahun dari agensi CUBE Entertainment untuk salah satu artisnya pernah menjadi kontroversi.

Saat itu CUBE Entertainment mengunggah ucapan selamat ulang tahun untuk Soojin dari (G)I-DLE. Hal ini rupanya membuat sebagian penggemar marah karena Soojin sedang hiatus dari (G)I-DLE.

Di sisi lain, sebagian besar penggemar menilai tindakan CUBE Entertainment sudah tepat. Pasalnya Soojin saat itu masih anggota (G)I-DLE dan belum keluar. Sehingga layak mendapat ucapan ulang tahun.

9. “Good Morning America” Menamai Video TWICE Dengan Tidak Tepat

TWICE tampil di “Good Morning America” untuk mempromosikan single berbahasa Inggris pertamanya, “The Feels”. Meski TWICE tampil apik, penggemar dibuat kecewa dengan penamaan video oleh kanal televisi tersebut.

Video penampilan TWICE hanya diberi judul “Special K-Pop performance,” yang tentu saja tidak memberi informasi apapun tentang TWICE maupun “The Feels”. Penggemar yang merasa kecewa pun meluapkan kekesalan mereka mengenai kontroversi ini di media sosial.

Salah satunya menyebut bahwa tidak akan ada yang menamai penampilan dari Ariana Grande sebagai “Special American Pop Performance.”

Skandal dan kontroversi aneh inipun berakhir dengan penamaan video yang diubah oleh “Good Morning America”.

10. “Squid’s Victory,” “Squid Game” Versi Cina

Skandal dan kontroversi aneh berikutnya datang dari negara Tiongkok. Sederet media dari negara tersebut menyebut rencana untuk membuat acara hiburan berjudul “Squid’s Victory.” Rencananya, “Squid’s Victory” akan tayang di YOUKU pada tahun 2022.

Tentu saja hal ini mendapat reaksi keras dari netizen. Terlebih setelah poster “Squid’s Victory” dirilis dan terdapat kesamaan bahkan kemiripan dengan “Squid Game”.

 

Source: (1)

 

Latest Posts

Don't Miss