OUR NETWORK
Kamis, Oktober 29, 2020
OUR NETWORK

4 Kejadian Fanclubs Boikot Idol Group yang Mereka Dukung

Penggemar memang memiliki peranan yang sangat penting untuk artis. Para penggemar ini pun diharapkan memberikan dukungan dan membantu artis yang mereka dukung untuk berkembang. Walau di beberapa kejadian, justru fanclubs boikot idol group yang mereka dukung ini.

Terdapat beberapa kejadian yang menyebabkan fanclubs boikot idol group yang mereka dukung. Tak main-main, bentuk boikot ini mulai dari sepenuhnya menghentikan dukungan sampai memberikan petisi.

Penasaran dengan kejadian apa saja yang menyebabkan fanclubs boikot idol group yang mereka dukung?

1. E.L.F boikot ‘Super Junior’ Sungmin

Fanclub resmi dari Super Junior pernah bersatu untuk melakukan boikot pada salah satu member. E.L.F melakukan boikot pada Sungmin setelah Super Junior hiatus sejak 2015. Pada 2017, ketika SuJu mengumumkan rencana untuk kembali berpromosi, E.L.F menyatakan tak akan memberikan dukungan pada Sungmin.

Penyebab boikot ini salah satunya karena Sungmin dianggap gagal melakukan komunikasi dengan penggemar berkaitan pernikahannya. Seperti diketahui, Sungmin menikah dengan aktris musikal Kim Sa Eun dan sejak saat itu tak melakukan komunikasi dengan penggemar sama sekali.

Boikot ini pun didengar oleh SJ Label dan mereka memutuskan untuk tak melibatkan Sungmin dalam promosi Super Junior sampai saat ini.

2. iKONICs boikot YG Entertainment

Untuk kasus satu ini, fanclub memang tak secara langsung melakukan boikot pada group. Meskipun memberikan efek yang tak jauh berbeda. Pada 2017, iKONICs menyatakan melakukan boikot pada YG Entertainment. Mereka tak akan membeli semua merchandise atau pun goods yang dirilis oleh agensi untuk iKON. Saat itu, termasuk DVD “iKON SUMMERTIME SEASON 2 in Bali” yang sudah dinanti-nanti.

Penyebab boikot dipercaya karena YG Entertainment dinilai lalai pada iKON. Termasuk membuat jadwal tanpa mempertimbangkan keadaan para members, kurang promosi domestik, membalikkan rencana promosi, tidak responsif terhadap umpan balik perubahan gaya, dan banyak lain.

Boikot ini bahkan ditanggapi secara langsung oleh CEO YG Entertainment saat itu. Yang Hyun Suk, merespons dengan sederhana, “Tidak perlu khawatir tentang Ikon! Bertahanlah di sana untuk bulan September dan Oktober. Sampai kita akan tertawa dengan sukacita.”

3. Club H.O.T boikot ‘H.O.T’ Moon Hee Jun

Keputusan Club H.O.T untuk melakukan boikot pada salah satu member sempat mengejutkan. Terutama karena selama 20 tahun, fanclub ini dikenal begitu setia memberikan dukungan pada group veteran H.O.T.

Pada Mei 2017, Club H.O.T mengumumkan menarik semua dukungan mereka untuk Moon Hee Jun. Alasannya bukan karena sang member baru saja mengumumkan pernikahan. Melainkan karena dia telah meremehkan para penggemar, berbohong kepada publik, mengadakan konser di bawah standar, berbicara tentang anggota lain dan kelompok untuk keuntungannya, dan menjual produk sambil mencoba menghindari pajak penjualan.

Fanclub menyatakan bahwa, “Sementara Moon Hee Jun dan klub bersatu untuk melewati beberapa saat-saat tergelapnya dia menghadapi pasca debut, begitu dia menyelesaikan tugas militernya dan menjadi sedikit lebih menguntungkan bagi mata publik, dia menjadi tidak sopan dan tidak pantas.”

Boikot ini pun ditanggapi langsung oleh Moon Hee Jun yang meminta maaf pada penggemar.

4. Yellowkies boikot mantan member Sechs Kies, Ko Ji Yong

Boikot yang dilakukan Yellowkies mulai menarik perhatian pada 2018 lalu, saat fanclub meminta YG Entertainment untuk menghapus nama Ko Ji Yong sebagai bagian member Sechs Kies. YG Entertainment pun menanggapi permintaan penggemar dan melakukan penghapusan.

Hal tersebut pun menarik banyak perhatian. Sampai akhirnya terungkap boikot bermula dari reuni Sechs Kies pada 2016 lalu di “Infinite Challenge”. Saat itu Ko Ji Yong memutuskan tak bisa bergabung dengan reuni karena ingin fokus dengan bisnis.

Di sisi lain, Ko Ji Yong dan perusahannya, Adetive Company rupanya secara aktif menggunakan nama Sechs Kies dan penggemar mereka, Yellowkies untuk kepentingan marketing. Termasuk dengan beberapa marketing viral yang rupanya memanfaatkan Yellowkies.

Belum lagi saat ada acara perusahaan dan penggemar diundang, mereka diminta untuk berpura-pura sebagai masyarakat biasa dan bukannya penggemar. Setelah pada 2017 lalu meminta perusahaan Adetive Company untuk tak lagi menggunakan Yellowkies dan Sechs Kies sebagai marketing. Mereka sepenuhnya memboikot Ko Ji Yong.

Comments

Loading...