Rabu, Desember 8, 2021

Latest Posts

6 K-pop Comeback Terbaru Dengan Konsep Retro Tahun 2000an

Konsep retro diadaptasi dalam berbagai bentuk pada saat ini. Terutama di industri hiburan Korea Selatan. Ini dibuktikan dengan sederet K-pop comeback terbaru yang mengusung konsep retro. Tepatnya retro tahun 2000an.

Berbeda dengan tahun kemarin, dimana tren konsep retro berpusat pada era disko dan musik dari tahun 70 hingga 80an. Tren retro tahun ini justru berada di era Y2K, dari tahun 2000an. Mulai dari musik hingga terlebih pada tren fashion.

Berikut ini merupakan 6 K-pop comeback terbaru yang mengusung konsep dari tren retro tahun 2000an atau era Y2K.

1. Sunmi — “1/6”

Sunmi mengadopsi konsep retro Y2K dalam mini album terbaru, “1/6”. Konsep foto memperlihatkan tren fashion di tahun 2000an. Mulai dari outfit yang dikenakan seperti setelan sekolah bergaya retro, denim-on-demin styling, headbands lebar, hingga berbagai aksesoris dan nailarts.

Video klip untuk title track “You Can’t Sit With Us” pun menggunakan konsep retro yang sama. Ini diperlihatkan pada properti dalam video yang seakan membawa penonton kembali ke tahun 2000an. Tidak ketinggalan, inspirasi musik di mini album ini pun pop tahun 2000an yang sangat catchy.

2. ITZY — “CRAZY IN LOVE”

Album studio pertama dari girl group besutan JYP Entertainment ini juga sarat akan nuansa retro bergaya Y2K. Terutama pada konsep fashion yang digunakan. Ryujin dan kawan-kawan tampil menawan dengan gaya yang terinpirasi Y2K untuk title track mereka, “LOCO.”

Lebih menarik lagi karena ITZY memadukan tren Y2K dengan unsur milenium, yang pernah menjadi tren besar di tahun 2000an. Outfit dengan warna silver yang dikenakan benar-benar tepat menggambarkan tren di era tahun tersebut.

3. ‘(G)I-DLE’ Jeon Soyeon — “Windy”

Leader girl group (G)I-DLE ini juga terinspirasi gaya retro tahun 2000an untuk solo mini album “Windy”. Jeon Soyeon tampil dengan outfit mini skirt, crop top, dan kacamata berukuran besar yang menjadi tren dari era Y2K.

Untuk title track “BEAM BEAM,” Jeon Soyeon masih mengusung konsep tren retro yang sama. Hanya saja Soyeon berfokus pada gaya retro dari tahun 2000an. Sehingga konsep yang diusung pun kian menarik dan unik.

4. ‘Girls’ Generation’ Taeyeon — “Weekend”

Taeyeon mengusung tren retro Y2K dengan sentuhan lain untuk single terbarunya. “Weekend” memperlihatkan sang leader dari Girls’ Generation tampil dengan warna-warna pink pastel yang sempat trendi di era tahun 2000an.

Penampilan Taeyeon dengan bandana berukuran besar, kacamata berwarna pink, dan pink sweatsuit bertuliskan JUICY seolah diambil langsung dari era Y2K. Video klip “Weekend” juga menghadirkan beberapa teknologi retro dari tahun 2000an. Seperti mp3 player dan komputer Mac bergaya retro.

5. TWICE — “The Feels”

Pleated skirt, crop top, nuansa warna pink, glitter, dan juga stiker menjadi elemen dari konsep TWICE untuk single berbahasa Inggris pertama, “The Feels.” Lagu dengan nada-nada pop ceria ini juga mengingatkan pendengar pada hits di tahun 2000an dulu.

Lirik video untuk “The Feels” mengusung tema komputer ala retro. Sehingga semakin menegaskan konsep Y2K yang mereka adaptasi untuk single ini.

6. Jeon Somi — “DUMB DUMB”

“DUMB DUMB” benar-benar akan membawa penggemar kembali ke era tahun 2000an. Cover art untuk rilisan ini saja sudah memiliki banyak elemen Y2K. Mulai dari gaya rambut dan riasan Somi. Hingga glitter serta stiker yang digunakan.

Secara musikalitas, “DUMB DUMB” juga terinspirasi dari musik pop di tahun tersebut. Jadi tidak heran bila gaya penampilan Somi, baik saat promosi maupun foto konsep sangat mengadaptasi tren retro Y2K tahun 2000an.

Dari 6 K-pop comeback terbaru dengan konsep retro Y2K di atas, mana nih favorit kalian dan paling menginspirasi?

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss