Di dunia yang serba online ini, nggak cuma chatting yang bisa online. Makan juga bisa. Bayangin aja, sekarang tren mukbang udah mendunia banget! Yang lagi di Indonesia aja bisa dengan mudah ngeliatin orang yang lagi makan di Korea.

Eh bentar-bentar, emang udah pada tahu mukbang itu apa? Mukbang (먹방) berasal dari kata “meoknun” (먹는) dan “bangsong” (방송) yang memiliki arti makan dan broadcast (siaran). Singkatnya, mukbang adalah tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan dan biasanya disiarkan secara live. Atau bisa kita singkat lagi jadi makan online.

Karena ini acara makan, pasti ada orang yang lagi makannya kan? Nah, host dari acara makan online ini disebut sebagai broadcast jokey atau sering disingkat BJ. Bukan, bukan singkatan dari Boy Jati ya!

Si BJ ini sendiri biasanya tidak harus orang yang terkenal, dengan mengandalkan interaksi yang menarik dan unik, semua orang bisa jadi BJ yang ngehits. Chingu sendiri juga bisa jadi BJ kok. Nih contohnya si Banzz ini, dia awalnya hanya seorang mahasiswa biasa loh:

Di Korea kebanyakan tayangan mukbang disiarkan di situs Afreeca.tv, di sana penonton bisa mengirimkan sejumlah donasi untuk BJ kesayangan mereka. Tidak jarang loh para host ini mendapatkan keuntungan besar dari siaran mereka, contohnya aja BJ yang bernama Yoo Soo He yang pernah mendapa donasi dari penontonnya sebesar 250 juta rupiah (kalau dalam mata uang rupiah).

Baca juga: Potret Selebriti Korea Saat Mereka Lagi Makan di Restoran

Karena punya banyak keuntungan, profesi jadi BJ ini pun mulai digandrungi banyak orang. Di Korea bahkan sudah banyak yang menjadikan pekerjaan jadi BJ ini sebagai profesi utama. Nah, beberapa analis pernah menyebutkan alasan kenapa mukbang bisa terkenal dan digandrungi banyak orang, di antaranya adalah:

  1. Hiburan untuk orang-orang yang suka makan

Harus kita akui sama-sama guys, makan itu kalau sendirian kadang-kadang terasa aneh. Apalagi kalau makan di luar sendirian, rasanya mending milih nggak makan aja deh! Nah, semenjak ada istilah makan online ini, orang-orang yang makan sendirian jadi merasa terhibur dan merasa punya teman.

  1. Menambah informasi tentang berbagai kreasi makanan unik dari Korea

Karena video makan online ini berasal dari Korea, banyak orang dari luar Korea yang mencari referensi makanan Korea lewat video mukbang. Makanya, nggak heran kan kalau tren ini makin luas di dunia.

  1. Membantu orang-orang yang sedang berdiet memuaskan nafsu makan mereka

Konon katanya, banyak orang yang hanya dengan melihat video mukbang, mereka langsung merasa kenyang. Hemmm, beda banget ya sama kita. kita mah kalau lihat video orang makan, malah langsung pengen makan!

Nah, poin penting yang bikin mukbang jadi terkenal banget, tentu nggak lepas dari peran para idol kpop guys. Chingu yang suka nonton V-Live pasti sering kan lihat idolanya makan? Nah, itu juga bisa kita sebut sebagai mukbang. Makanya, makin banyak deh tuh BJ-BJ yang suka makan di depan kamera.

Nah, apa pendapat kalian soal mukbang ini? Apakah kalian berniat jadi seorang BJ?

BAGIKAN
Alika Nugraha
Alika yang sering dipanggil 'teh' atau 'eonnie' kalau berkenalan secara online ini sebenarnya cowo tulen yang punya hobi menulis segala hal berbau Kpop. Masih sedang bertanya kepada diri sendiri sejak kapan playlist di gadget berubah dari A7X menjadi Got7