Jumat, Desember 3, 2021

Latest Posts

Berani Beda, 10 Video Musik K-pop Ini Menyertakan Para Drag Queens

Ditengah-tengah isu mengenai gender, seksualitas, hingga representasi dari golongan LGBTQ+ di Korea Selatan, sederet artis K-pop justru berani tampil beda. Mereka justru merangkul segala perbedaan dan menentang batasan-batasan tersebut dengan menyertakan para drag queens dalam video musik K-pop.

Sebenarnya bukan hal baru lagi untuk menyertakan drag queens dalam video musik K-pop. Malah sebaliknya. Sederet video musik dari group hingga artis ternama K-pop justru pernah menyertakan para drag queens dengan penampilan mereka yang luar biasa.

Keberanian para artis dan group K-pop untuk tampil beda sekaligus menghadirkan representasi LGBTQ+ di Korea Selatan ini tentu saja harus mendapat apresiasi tersendiri. Berikut ini diantaranya 10 video musik K-pop yang menyertakan drag queens.

1. ‘VICTON’ Hanse – “Take Over”

Debut member VICTON satu ini mendapat perhatian sekaligus pujian. Untuk video musik single “Take Over” Hanse berkolaborasi dengan LGBTQ+ Creative Collective berbasis di Seoul, Neon Milk. Drag queens seperti Nana, Vita Mikju, Bambi, dan Serena menunjukan performa mereka yang super menarik di video musik keren satu ini.

2. ‘The Rose’ Woosung – “Face”

Dikenal sering kali melanggar batasan-batasan gender stereotypes, Woosung tanpa ragu semakin merangkul perbedaan dalam video musik “Face.” Untuk video musik ini, Woosung menggandeng drag queens Nana. Selain juga sederet dancer dengan berbagai bentuk tubuh dan ukuran berbeda. Keren ya?

3. MAMAMOO – “HIP”

Sebagai salah satu LGBTQ+ ally di K-pop industri, MAMAMOO tidak ragu menunjukan dukungan mereka terhadap golongan ini. Salah satu aksi nyata MAMAMOO ialah menyertakan sederet drag queens, seperti Nana dan Bambi dalam video musik “HIP”.

4. Brown Eyed Girls – “Wonder Woman”

Sejak sebelum isu mengenai LGBTQ+ maupun gender dan seksualitas menarik perhatian, girl group Brown Eyed Girls sudah tanpa ragu merangkul representatifnya. Melalui video musik K-pop hits “Wonder Woman”, Brown Eyed Girls menghadirkan para drag queens yang menjadi highlight khusus.

5. WETTER – “Ggondae”

Kuciia Diamant, drag queen dari Korea Selatan hadir membawa perbedaan dalam video klip “Ggondae” milik indie K-pop grouo WETTER. Video musik dibuka dengan Kuciia Diamant dan dilanjutkan dengan para member WETTER yang memecahkan batasan-batasan tradisional tentang gender dan seksualitas.

6. Holland – “I’m Not Afraid”

Sepertinya sama sekali tidak mengejutkan bila Holland menghadirkan drag queens dalam video musiknya. Idol pertama yang secara terbuka mengaku sebagai homoseksual ini kerap kali menyisipkan tema LGBTQ+ dalam lagu hingga klipnya. Video musik “I’m Not Afraid” pun tidak ketinggalan mengusung tema ini.

7. VANNER – “Form”

“Form” dari VANNER juga menghadirkan Nana, drag queen ternama di Korea Selatan. Video musik yang dirilis pada 2020 tersebut mendapat pujian karena memberikan platform untuk golongan LGBTQ+ menunjukan eksistensi mereka.

8. Girls’ Generation – “All Night”

Girl group papan atas Girls’ Generation pun tidak ketinggalan untuk berani tampil beda dan mengesampingkan pandangan-pandangan tradisional. Dalam video musik “All Night” yang dirilis pada 2017 silam, Girls’ Generation menyertakan drag queens Bori, Cha Sevin, dan Anessa.

9. Lee Hyori – “Miss Korea”

Artis K-pop veteran Lee Hyori pun rupanya pernah menyertakan para drag queens dalam video musiknya. Kerennya lagi, Lee Hyori menghadirkan para drag queens tersebut dalam video musik rilisan 20013, “Miss Korea”. Saat itu pandangan masyarakat dan juga standar kecantikan masih sangat tradisional serta konservatif dibandingkan saat ini.

Tidak heran bila keberanian Lee Hyori menyertakan drag queens dalam video musik “Miss Korea” mendapat banyak sekali pujian.

10. Chungha – “Stay Tonight”

Chungha juga mendapat banyak pujian berkat video musik “Stay Tonight”. Dalam video musik K-pop hits ini, Chungha bukan hanya menyertakan para drag queens saja. Melainkan penari-penari pria yang mengenakan sepatu hak tinggi. Melalui “Stay Tonight”, Chungha ingin menyampaikan pesan mengenai keberanian untuk menjadi berbeda. Keren banget, bukan?

 

 

Source: Koreaboo

Latest Posts

Don't Miss