Rabu, Agustus 10, 2022

Latest Posts

Berkualitas! 10 Lagu B-side Terbaik yang Layak Jadi Title Track

Selain title track, b-side juga menjadi bagian penting di dalam sebuah album. Tidak jarang, b-side ini memiliki kualitas tidak kalah apik dengan title track sebagai single promosi. Di bawah ini diantaranya merupakan lagu b-side terbaik yang layak menjadi title track.

Di dalam sebuah album, b-side memang jarang mendapat spotlight. Berbeda dengan title track yang menjadi lagu unggulan dan single promosi, b-side seringnya tidak tidak mendapatkan perhatian yang sama.

Walau di sisi lain, terdapat sederet b-side dengan kualitas tidak kalah dengan lagu-lagu title track. Lagu b-side terbaik ini bahkan layak mendapat spotlight dan juga promosi layaknya title track sebuah album. Penasaran lagu-lagu apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. ‘Wei’ Kim Yohan — “Bad”

Album debut Kim Yohan sebagai soloist layak mendapat spotlight tersendiri. Soloist dan juga aktor ini merilis album ‘Illusion’ dengan sederet lagu-lagu apik. Tidak saja title tracknya, “Bad”juga menjadi lagu apik lain dari album ini. Kesan sensual dengan rap dan vokal Kim Yohan menjadikan lagu ini lebih menarik.

2. ONEWE — “AuRoRa”

Permainan vokal dan harmonisasi, serta instrumen bass serta drum menjadikan b-side ini layak menjadi title track untuk album ‘Planet Nine: Alter Ego.’ ONEWE benar-benar sukses memperlihatkan kualitas terbaik mereka melalui b-side track satu ini.

3. Mirae — “Juice”

 

Mirae menjadi salah satu boy group dari K-pop generasi keempat dengan musikalitas menjanjikan. “Juice” yang merupakan b-side dari album terbaru Mirae menunjukan kualitas cherry-pop yang apik. Tipe lagu yang dijamin akan menghadirkan keceriaan tersendiri.

4. ‘EXO’ Kai — “To Be Honest”

‘Peaches’ menjadi album solo kedua dari sang soloist yang mengusung sederet lagu-lagu apik. Selain title track yang berhasil membuktikan kualitas musikalitas Kai. Sederet b-side track di album ini pun tidak kalah layak mendapat perhatian.

“To Be Honest” bukan saja berhasil memperlihatkan warna vokal apik dari sang dancer. Namun juga menghadirkan kesan seksi menggoda yang ingin dihadirkan sang soloist dalam album ini.

5. MONSTA X — “Autobahn”

 

Satu lagi K-pop group dengan kualitas musikalitas yang tidak perlu diragukan. Instrumental EDM, verse rap, dan juga vokal apik menjadi perpaduan apik dari lagu-lagu MONSTA X. Termasuk di “Autobahn” yang memenuhi syarat untuk menjadi title track.

6. ENHYPEN — “Blockbuster”

 

Penggemar sepertinya akan kesulitan memilih mana lagu b-side terbaik ENHYPEN. Pasalnya hampir seluruh lagu rilisan boy group ini memiliki kualitas untuk menjadi title track.

“Blockbuster” salah satunya. B-side dari album ‘Dimmension: Dillema’ ini merupakan favorit penggemar. Dibawakan bersama Yeonjun dari TXT, harmonisasi vokal dan instrumen di lagu ini benar-benar adiktif.

7. 2PM — “OK or Not”

“OK or Not” memadukan vokal bernada manis dari deretan vokalis 2PM dengan verse rap yang terdengar rough. B-side dari album ‘MUST’ ini memiliki kualitas tidak kalah dengan title track “Make It,” yang sebenarnya juga tidak kalah apik.

8. Kang Daniel — “Save U”

“Paranoia” memang tidak bisa disangkal sebagai title track paling pas untuk ‘Yellow’. Walau begitu b-side dari album ini, “Save U” tidak kalah layak untuk mendapat spotlight.

Kang Daniel bukan hanya membuktikan kualitas musikalitasnya melalui lagu kolaborasi dengan Wonstein tersebut. Lonjakan emosi menjadikan lagu emosional ini sukses menyentuh hati penggemar.

9. SHINee — “Body Rhythm”

 

Kualitas musikalitas di lagu-lagu rilisan SHINee pun tidak perlu diragukan. “Body Rhythm” menjadi salah satu b-side yang akan sempurna sebagai title track untuk album ‘Don’t Call Me.’

Harmonisasi vokal, permainan instrumen, sampai juga retro vibe dari beat reggae menjadikan lagu ini layak sebagai title track. Keunikan genre “Body Rhythm” pun tidak diragukan akan akan membuat lagu ini menjadi hits.

10. FTISLAND — “Set Me Free”

Mini album ke-8 dari band rock ini memiliki sederet lagu-lagu apik. Secara tema, musikalitas, sampai juga vokal apik yang ditunjukan FTISLAND membuat “Set Me Free” akan cocok menjadi title track di album ‘Lock Me Up.’

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss