OUR NETWORK
Selasa, Oktober 23, 2018
OUR NETWORK

Dari Leader Hingga Maknae, Inilah Arti di Balik Posisi Idol di Grupnya

foto via koreaboo

Setiap grup K-Pop telah menetapkan posisi yang menentukan distribusi nyanyian, screentime, dan bahkan di mana setiap member muncul dalam foto grup. Berikut ini lah makna di balik setiap posisi idol di grupnya!

Leader

foto via koreaboo

Sebagian besar grup K-Pop memilki “leader” atau pemimpin yang ditentukan oleh agensi atau member lainnya. “Leader” biasanya adalah member tertua, yang memiliki masa trainee terlama, atau yang dianggap paling bertanggung jawab. Para “leader” ditugaskan untuk menjaga member mereka dan mewakili mereka di fungsi publik. “Leader” juga berperan sebagai mediator ketika membernya memiliki perselisihan.

Main Vocalist

foto via koreaboo

“Main vocalist” biasanya menerima sebagian besar part vokal per lagu, terutama yang paling menantang, karena rentang vokal yang luas dan mantap. Mereka sering mendukung “lead vocalist” selama chorus, dan juga lebih mungkin untuk menerima bagian solo daripada sub vokalis.

Lead Vocalist

foto via koreaboo

“Lead vocalist” berada di bawah “main vocalist”, tapi memimpin vokal dalam nyanyian dengan bernyanyi di depan “main vocalist” selama menyanyi. Mereka juga dapat menyanyikan chorus dengan dukungan dari “main vocalist”, terutama selama bagian vibrato. Satu hal yang membedakan mereka adalah kemampuan mereka untuk secara konsisten mencapai, minimal, satu oktaf lebih tinggi atau lebih rendah daripada vokalis lainnya. “Lead vocalist” juga dapat menggantikan “main vocalist” jika terjadi sakit atau cedera.

Sub Vocalist

foto via koreaboo

“Sub vocalist, juga dikenal hanya sebagai vokalis, mendukung “main vocalist” dan “lead vocalist”. Vokal mereka hanya dapat didengar selama beberapa detik di setiap lagu.

Lead Rapper

foto via koreaboo

Peran rapper mirip dengan vokalis; ada “main rapper”, “lead rapper”, dan “sub rapper”, tapi distribusi line dapat dipertukarkan jika di dalam grup yang hanya memiliki “main rapper” dan “sub rapper”. Seperti “lead vocalist”, “lead rapper” dianggap sekunder dari yang utama, nggak selalu dalam hal keterampilan tapi dalam hal berapa banyak baris yang mereka terima per lagu.

Main Rapper

foto via koreaboo

Seperti “main vocalist”, para “main rapper” mendapatkan lebih dari satu barus, tergantung pada struktur lagunya.

Sub Rapper

foto via koreaboo

Seperti “sub vocalist”, “sub rapper” menerima part terkecil dan peran utama mereka adalah untuk mendukung “main rapper” dan “lead rapper”.

Lead Dancer

foto via koreaboo

“Lead dancer” berperan memimpin koreografi grup dengan menari di depan selama formasi. “Lead dancer” sangat terampil, tapi dianggap sekunder dari “main dancer”. Mereka biasanya memiliki beberapa bagian vokal, dan sering terlihat menari di dekat “main dancer” grup.

Main Dancer

foto via koreaboo

“Main dancer” memiliki keterampilan menari yang unggul, dan biasanya kurang fokus dalam bernyanyi. “Main danncer” terkadang mengambil peran guru dan membantu member lain selama latihan, dan beberapa bahkan berkontribusi dalam menciptakan koreografi grupnya.

Visual

foto via koreaboo

Visual merupakan member yang paling menarik dan / atau memiliki penampilan khas yang membedakan mereka. Mereka sering berkesempatan untuk endorsement, dan ditempatkan di tengah-tengah grup foto karena penampilannya yang mencolok.

Face of the Group

foto via koreaboo

“Leader” bertugas mengarahkan membernya dalam hal tindakannya, tapi “face of the group” memimpin grupnya secara visual. Mereka mungkin hampir sama dengan visual, tapi mereka – lebih sering daripada tidak – member paling populer di grupnya. “Face of the group” sering ditata dengan pakaian berbeda yang akan membuat mereka menonjol dari member lainnya. Dalam MV, mereka menerima sebagian besar screentime.

Maknae

foto via koreaboo

Berbeda dengan posisi lain, yang ini ditentukan berdasarkan waktu lahir. “Maknae” selalu merupakan member termuda dari grup.

Nah, itu dia pengertian posisi idol di grupnya. Bias kamu posisinya apa nih btw?

Baca juga: 7 Idol Kpop Yang Berubah Posisi Setelah Audisi

Sumber: koreaboo

Comments

Loading...