OUR NETWORK
Sabtu, Januari 16, 2021
OUR NETWORK

Dedikasi Membuat Kamus Bahasa Korea di Film MAL-MO-E: The Secret Mission

foto via hancinema.net

Bangsa yang besar adalah yang mempertahankan sejarahnya. Bagi warga Korea, tidak mudah untuk membuat Bahasa Korea bertahan saat masa kolonialisme Jepang. Di masa itu, semua diwajibkan untuk berbicara dan menulis dalam Bahasa Jepang. Dedikasi untuk membuat Kamus Korea ini yang diceritakan di film MAL-MO-E: The Secret Mission.

Film MAL-MO-E: The Secret Mission garapan sutradara Yoon Seo Young ini tayang pada Januari 2019 lalu. Sarat akan makna dan menggambarkan kejadian nyata di masa lalu, layar lebar yang penuh perjuangan ini tayang selama 135 menit.

Yoo Hae Jin sebagai Kim Pan Soo

foto via hancinema.net

Yoon Gye Sang sebagai Ryoo Jung Hwan

foto via hancinema.net

Berlatar pada 1930 hingga 1940, saat itu Korea masih menjadi negara jajahan Jepang. Ada aturan yang mengharuskan penduduknya untuk memakai Bahasa Jepang untuk komunikasi sehari-hari. Di sekolah pun setiap muridnya harus punya nama Jepang. Kekhawatiran ini membuat seorang pria bernama Ryoo Jung Hwan untuk membentuk Badan Pusat Kata Korea.

foto via hancinema.net

Tidak sendiri, dia dibantu oleh 5 rekan lainnya yang sudah ahli dalam Bahasa Korea. Badan ini sudah memulai misi untuk mengumpulkan kata-kata dari berbagai aksen yang ada di Korea. Mereka berencana untuk membuat Kamus Bahasa Korea supaya warganya tidak melupakan Bahasa aslinya.

foto via hancinema.net

Ada salah satu rekan Ryoo Jung Hwan yang cukup unik. Dia adalah Kim Pan Soo. Ayah dua anak yang awalnya tak bisa membaca, perlahan lancar membaca dan menulis Bahasa Korea setelah bekerja bersama Jung Hwan. Mereka pun sempat membuat kamus dalam versi mini untuk disebarkan ke beberapa penduduk di Seoul.

foto via hancinema.net

Sayangnya, misi untuk Membuat Kamus Bahasa Korea ini terhalng oleh tentara dan pimpinan Jepang. Setelah beberapa kali percobaan, badan ini diciduk oleh tentara. Sempat putus asa karena semua kata yang ditulis disita, mereka mempunyai harapan karena masih ada satu kamus yang tersisa.

foto via hancinema.net

Tak kehilangan akal, Jung Hwan, Pan Soo, dan semua rekannya mencoba untuk mengumpulkan banyak guru Bahasa dari berbagai kota untuk mengerjakan kamus ini bersama. Di tengah kegiatan ini, tentara Jepang kembali menyerbu. Pan Soo pun berjanji untuk menyelamatkan kamus berharga itu supaya tida ditemukan oleh Jepang.

foto via hancinema.net

Jung Hwan dipenjara, dan beberapa anggota lainnya tidak melanjutkan kegiatan pembuatan kamus ini. Setelah Korea merdeka, Jung Hwan baru tahu kalau Pan Soo sudah meninggal. Namun Pan Soo berhasil membuat kamus berharga itu aman dengan menaruhnya di garasi milik kantor pos. Perjuangan mereka ini yang menjadi cikal-bakal diterbitkannya Kamus Bahasa Korea untuk pertama kali dalam sejarah.

Comments

Loading...