OUR NETWORK
Senin, September 16, 2019
OUR NETWORK

Gak Nyangka, Film-film Korea Ini Ternyata Diambil dari Kisah Nyata (Part 2)

Nonton film yang diadaptasi dari kisah nyata tentu memberikan sensasi yang beda dengan nonton film hanya fiksi belaka karena membuat kita seakan turut merasakan langsung kejadian sebenarnya. Berikut ini lah beberapa film Korea yang diadaptasi dari kisah nyata!

Northern Limit Line

Film ini dibuat pada tahun 2002 dan berdasarkan pada peristiwa kehidupan nyata dari Perang Kedua Yeonpyeong. Dalam film dan dalam kehidupan nyata, sebuah kapal patroli Korea Utara melintasi garis batas utara dan diperingatkan untuk kembali, namun kapal tersebut justru malah langsung melintasi garis dan mulai mengancam dan mengganggu kapal-kapal milik Korea Selatan.

Memories of Murder

“Memories of Murder” didasarkan pada kisah pembunuh beruntun pertama di Korea Selatan. Meskipun film ini tidak menyebutkannya, antara 1986 dan 1991, 10 wanita ditemukan terbunuh di Hwaseong. Tapi film itu fokus pada dua detektif yang ditugaskan untuk kasus ini.

My Father

Film ini menceritakan kisah seorang putra angkat yang mencari orang tua kandungnya di Korea Selatan. Selama pencariannya, ia bertemu ayah kandungnya yang merupakan pembunuh yang terhukum sehingga dia memutuskan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan ayahnya dan kehidupannya sendiri. Fakta menarik: Perilisan film ini kontroversial karena keluarga korban yang terkait dengan kasus tersebut menentangnya, tapi pada saat dirilis “My Father” memuncaki box office.

The Admiral: Roaring Currents

Film ini menceritakan tentang Perang Myeongnyang yang terjadi di tahun 1597, ketika Jepang berusaha menyerbu Korea dengan armada 300 kapal, sedangkan Korea hanya memiliki 12 kapal. Walau demikian mereka tetap maju untuk perang!

71: Into The Fire

Kisah 71 siswa SMP yang berjuang melawan ratusan tentara Korea Utara di depan sekolahnya selama Perang Korea pasti terdengar fiksi, tapi nyatanya hal itu beneran terjadi lo! Selama 11 jam, mereka bertahan demi membela tanah air di sekolahnya karena lokasi tersebut merupakan titik strategis untuk menjaga perimeter Sungai Nakdong.

The President’s Last Bang

Film komedi hitam satir yang dirilis di tahun 2005 ini berkisah tentang peristiwa yang mengarah ke pembunuhan Park Chung Hee, presiden Korea Selatan dari 1963 hingga 1979, serta peristiwa setelahnya. Fakta menarik: Penggambaran tokoh Park begitu kontroversial sehingga gugatan diajukan dan pengadilan meminta menyensor total 3 menit dan 50 detik dari film.

Sssstt, masih banyak lagi lo film Korea yang diadaptasi dari kisah nyata, simak terus INIKPOP ya!

Baca juga: Gak Nyangka, Film-Film Korea Ini Ternyata Diambil Dari Kisah Nyata

Comments

Loading...