Kamis, Oktober 21, 2021

Latest Posts

Ini 20 Drama, Webtoon, dan Film Korea yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter

YeonJeong Kim, Head of Global K-pop and K-content Partnership Twitter, mengungkapkan insight terkait K-content dengan tema ‘#BeyondKpop: Globalization of K-Culture from Music to Drama, Webtoon, Movie and beyond’ dan 20 K-content teratas yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

K-pop terus mendominasi percakapan global di Twitter dan informasi terbaru ini menunjukkan dampak Twitter terhadap penyebaran berbagai K-content di ranah global seperti drama populer, webtoon, film, serta K-Pop. Hasil agregasi data ini berdasarkan pada analisis yang dilakukan Twitter dan VAIV Company terhadap Tweet global berbahasa Inggris pada periode Juli 2018 – Juni 2021.

Drakor yang paling banyak dibicarakan

Bagi banyak penggemar K-pop, K-drama adalah hal yang mereka nikmati setelah menyukai K-pop. Hal ini terlihat dari serial K-drama yang paling populer di Twitter.

Empat K-drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter (global) adalah: Kingdom di urutan pertama, Itaewon Class (yang diangkat dari  webtoon) di urutan ke-dua, True Beauty di urutan ke-tiga, dan Vincenzo di urutan ke-empat. True Beauty dan Vincenzo menampilkan  bintang K-pop, seperti Cha Eun-woo (anggota grup ASTRO) yang berperan di True Beauty dan Ok Taec-yeon (anggota 2PM) yang berperan di serial Vincenzo.

Analisis Twitter dari kumpulan Tweet yang membicarakan Itaewon Class menunjukkan, bahwa banyak Tweet tentang drama tersebut juga turut menyebutkan original soundtrack-nya, yaitu “Sweet Night” yang dibawakan oleh V, anggota grup K-pop BTS.

foto via Twitter

Webtoon yang paling banyak dibicarakan

Meningkatnya kepopuleran K-pop dan K-drama berdampak juga pada peningkatan ketertarikan terhadap webtoon original, terutama untuk webtoon yang diadaptasi menjadi K-drama.

Banyak webtoon yang paling banyak dibicarakan di Twitter telah diadaptasi menjadi K-drama. True Beauty, misalnya, menempati peringkat ke-tiga sebagai K-drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter dan menempati urutan pertama untuk K-webtoon yang paling sering dibicarakan. Sweet Home, yang diadaptasi menjadi serial Netflix original, menempati urutan ke-dua untuk K-webtoon yang paling sering dibicarakan. Itaewon Class, yang menempati urutan ke-empat, kemudian diadaptasi menjadi K-drama. Sementara Navillera; di urutan ke-enam tidak hanya diadaptasi menjadi K-drama, tapi juga direkomendasikan oleh V, anggota BTS, di fan cafe.

foto via Twitter

Film yang paling sering dibicarakan menunjukkan besarnya pengaruh sutradara terkemuka di Korea

Hanya tiga sutradara yang menyumbang 9 dari 20 K-movie teratas yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Parasite, disutradarai oleh Bong Joon-ho, merupakan K-movie yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Film Bong yang lain seperti Snowpiercer, Okja, Mother, dan The Host; semua berada pada peringkat 20 film teratas. Sutradara Park Chan-wook dan Yeon Sang-ho juga menyumbang masing-masing dua K-movie teratas yaitu Oldboy dan Thirst, serta Peninsula dan Train to Busan.

Analisis Twitter terhadap Tweet terkait Bong Joon-ho menunjukkan beberapa kata kunci mengenai Parasite (yang memenangkan empat  Piala Oscar 2020), Mother, dan Snowpiercer, serta karya-karya dari sutradara terkemuka lainnya yaitu Park Chan-wook dan Lee Chang-dong. Analisis Twitter menunjukkan pembicaraan mengenai Bong Joon-ho turut meningkatkan minat terhadap K-movies secara luas.

foto via Twitter

Latest Posts

Don't Miss