OUR NETWORK
Senin, Agustus 19, 2019
OUR NETWORK

Lagu-Lagu Ciptaan Jonghyun untuk Penyanyi Lain yang Wajib Kamu Dengarkan

Kim Jonghyun

Kepergian Kim Jonghyun masih mengakibatkan duka yang mendalam bagi dunia Kpop, terutama untuk kerabat dan juga fansnya. Walau harus meninggal secara tragis akibat depresi yang dideritanya, vokalis utama SHINee itu pergi dengan meninggalkan kenangan yang indah lewat karya-karyanya.

Seperti yang kalian tahu, selain terkenal sebagai member SHINee dan penyanyi solo, Jonghyun juga aktif sebagai produser dan juga penulis lagu. Lagu yang dia ciptakan untuk dirinya sendiri dan juga SHINee sudah cukup banyak. Lagu hits “Juliette” yang rilis tahun 2009 adalah debutnya sebagai komposer lagu, itu artinya dirinya sudah aktif sebagai penulis lagu selama 9 tahun.

Tidak hanya untuk dirinya ataupun SHINee, Jonghyun juga kerap membuatkan lagu untuk teman dan koleganya di dunia musik. Beberapa karya yang dia ciptakan untuk musisi lain ini tidak kalah terkenal dengan lagu-lagu yang ia bawakan.

Nah, sebagai penghormatan kepada Jonghyun, berikut Mimin mau rekomendasikan beberapa lagu ciptaan dia untuk penyanyi lain yang wajib kamu dengarkan. Apa aja lagunya? Yuk kita cek sama-sama.

A Gloomy Clock (2013) – IU

IU dan Jonghyun adalah sahabat yang cukup dekat. Oleh karena itu, pada tahun 2013 lalu Jonghyun membuatkan lagu spesial untuk sahabatnya tersebut. Lagu yang masuk ke dalam album “Modern Times” itu bercerita tentang seseorang yang depresi dan juga malas menjalani kehidupan.

Red Candle (2013) – Son Dambi

Jonghyun yang terkenal dekat dengan siapapun ini juga tidak ketinggalan membuatkan lagu untuk penyanyi seniornya Son Dam Bi. Lagu yang bernuansa klasik dan bertempo cepat ini adalah bukti kalau Jonghyun menguasi banyak genre musik yang berbeda.

Playboy (2015) – EXO

Selain menciptakan lagu untuk sang maknae Taemin, Jonghyun juga berkontribusi lebih untuk juniornya yaitu EXO. Lagu yang masuk ke dalam album EXODUS ini dicintai oleh para member dan juga EXO-L, makanya ga heran sewaktu kabar duka ini datang, para member EXO terlihat begitu shock dan bersedih.

No More (2015) – Lim Kim

Untuk membuat single ini, Jonghyun secara khusus meluangkan waktunya untuk mendengarkan lagu-lagu dari Lim Kim agar bisa membuat lagu yang sesuai dengan warna suara dirinya. Dedikasi tinggi dalam bermusik tersebut lah yang membuat dirinya akan dirindukan banyak orang.

Breathe (2016) – Lee Hi

Yang ini mungkin merupakan karya dari Jonghyun untuk musisi lain yang paling banyak dikenal orang. Dinyanyikan oleh solois berbakat YG, Lee Hi, “Breathe” berhasil memuncaki beberapa tangga lagu Korea dan membuat album “Seoulite” sukses besar. Suara khas Lee Hi menyatu dengan indah dengan melodi dan lirik yang begitu dalam buatan Jonghyun. Duh, jadi pengen nangis deh kalau dengerin lagu ini sekarang.

Baca juga: 7 Karya Jonghyun yang Tak Terlupakan

Mana karya buatan Kim Jonghyun yang paling membekas di hati kamu?

Comments

Loading...