Teman-teman kita yang non-kpop-ers pasti suka sebel pas kita nge-play lagu kpop kesukaan kita. Mereka biasanya ngedumel sendiri karena nggak ngerti sama music atau liriknya. Dan kebanyakan juga pada sebel karena lagunya selalu dari boyband atau girlband.

Naaah, kita jangan emosi dulu guys, kita bisa perkenalkan mereka pada lagu-lagu Korea yang bisa disukai juga sama non-kpopers. Kita bisa ngasih tahu mereka kalau Korea itu nggak melulu boyband ataupun girlband. Masih banyak kok musisi-musisi lainnya di Korea. Ada musisi indie, ada hip-hop, dan juga R&B.

Kali ini, Inikpop akan berbagi playlist lagu-lagu Korea buat non-kpopers! Lagu-lagu ini bukan dari boyband/gilrband kok, jadi temen kita yang non-kpopers gak akan dumel-dumel tuh. Dan setelah dengerin lagu-lagu ini, dijamin deh, mereka pasti kecanduan sama lagu Korea!  So, check this out!

  1. Jay Park feat. Hoody dan Loco – All I Wanna Do

Percayalah, teman non-kpopers kalian dijamin gak akan komen negatif! Karena anak masa kini itu suka banget musik-musik hip-hop dengan melodi yang enak banget buat Joget. Cobain aja, yang ada mereka bakal bilang “ini lagu korea? Kok enak? Judulnya apa sih?”

  1. Hyukoh – Tomboy

Naaah, kalau kamu sering bergaul dengan teman-teman yang doyan dengerin musik indie alternative, saat yang tepat nih buat nyelipin lagu milik Band Hyukoh yang judulnya Tomboy ini. Melodinya super syahdu ditambah menjadi lebih  menarik karena warna suara vokalisnya, Oh Hyuk, yang serak-serak basah.

  1. Sik K – Rendezvous

Lagunya yang nge-Hip-hop ini punya melodi sederhana tapi nggak ngebosenin, pas banget buat memperkenalkannya dengan teman-teman chingudeul semua yang suka banget sama hip-hop dengan tempo lambat dan rap.

  1. Standing Egg – Summer Night You and I

Standing Egg ini salah satu musisi Indie Korea, tapi lagu-lagunya udah sering ngisi OST K-Drama loh, misalnya “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”, “Strong Woman Do bong Son” dan “Man to Man”. Nah, kasih deh nih lagu ke temen-temen chingudeul yang sukanya musik-musik indie akustik yang syahdu. Jangan lupa bilang “ini enak buat pengantar tidur juga loh, adem banget”

  1. Suran feat. Changmo – Wine (If I Get Drunk Today)

Lagu ini tuh d produseri oleh mas AGUST D, alias SUGA BTS, dan kalau kalian teliti, backing vocal-nya Jungkook BTS loh. Lagu ini pas banget buat temen-temen chingu semua yang suka lagu-lagu R&B/Soul. Apalagi warna suara Suran super khas pasti bikin temen-temen chingu ketagihan deh, dan pada nanya judulnya apa.

  1. Offonoff feat. Miso dan Tablo – Cigarette

Sebenernya lagu ini seluruh liriknya in English, tapi tetep gak bisa dipungkiri, musik dengan genre electronica R&B ini karya seorang musisi Korea yaitu Offonoff yang kini berada d ibawah naungan HIGHGRND label yang dikepalai langsung oleh Tablo Epik High.

  1. Dean feat, Crush dan Jeff Bernat – What 2 Do

Lagu dengan genre Contemporary R&B ini bakal bikin yang mendengarkannya minimal menggoyangkan kepala, dan liriknya juga Easy Listening. Nah, Dean bukan cuma kolaborasi dengan penyayi asal korea yaitu Crush, tapi juga bersama seorang penyanyi asal Philipina yaitu Jeff Bernat.

Baca juga: Sejarah K-Hip hop dari Masa ke Masa

Jadi gimana gais? Dari ketujuh lagu ini, kira-kira yang mana nih yang bakal kamu puter kalo lagi nongkrong bareng teman-temanmu yang non-kpopers atau yang nggak paham dengan musik Korea? Inget! Jangan langsung sebel kalau mereka suka menolak musik Korea, cekokin aja nih playlist a la Inikpop sambil baca bismillah mudah-mudahan temen chingudeul bisa jadi ikutan suka, terus kepoin musik-musik Korea deh. Hehehe. Selamat mencoba.

BAGIKAN
Fildzah Amriely
Fildzah seorang fangirl yang suka nyanyi dan nulis ini mendedikasikan dirinya sebagai istri solehah dari Yunhyeong IKON, tak lupa ia juga menyukai dedek gemes seperti Daniel Wannaa-One. Namun ia kerap memiliki migren yang tak kunjung hilang. Usut punya usut, migren yang disertai sesak nafas ini diakibatkan karena Jimin BTS kerap menggunakan Latex saat di panggung.