OUR NETWORK
Jumat, Desember 6, 2019
OUR NETWORK

Sejarah K-Hiphop dari Masa ke Masa

Mengarungi musik Korea itu seperti mengarungi lautan yang luas. Musik Korea punya banyak musik yang keren sebanyak air yang ada di lautan. Nah, dari sekian banyak air di lautan itu, terselip lah nama K-Hiphop. Ya, K-hiphop adalah musik Korea tapi alirannya hiphop. Pengertiannya sungguh mantap! Mau tahu seperti apa sejarah K-hiphop?

K-hiphop lahir dan berkembang (memang) nggak sepesat Kpop. Tapi apakah ini berarti musik hiphop di Korea itu jelek? Oh my God, sekali-kali tidak anak muda! K-Hiphop nggak boleh dipandang sebelah mata apalagi nggak dipandang sama sekali. K-hiphop punya aura tersendiri dibanding Kpop, K-hiphop itu swag, dan sebenernya banyak mengandung pesan yang lebih dalam dibanding musik-musik mainstream lain di Korea.

Nah makanya, biar lebih menghayati apa itu K-hiphop, kita awali semua dari sejarah K-Hiphop!

Trend awal 90an hingga awal 2000an

Saat diadakannya Seoul Olimpic tahun 1988, mulai banyak orang Amerika yag tinggal di Korea dan berbagi pengetahuan musik R&B dan juga HipHop. Nah, di tahun 1989 seoramg musisi rock bernama Hong Seo Bom membuat lagu berjudul “Kim Sat-Gat” dan bisa dibilang ini merupakan lagu yang menjadi pelopor hadirnya musik hiphop di Korea. Tapi sayang, namanya jarang bahkan gak pernah dibahas di sejarah K-Hiphop.

Seo Taiji and the Boys

Lalu hadirlah Seo Taiji yang kerap dianggap menjadi pelopor hiphop di Korea. Tahun 1992, ia merilis album dengan lagu berjudul “I Know”. Sebenernya ini adalah satu-satunya album dengan musik hiphop yang mereka luncurkan, setelah itu merka kembali ke musik rock yang memang itu merupakan kecintaan mereka. Selain Seo Taiji juga ada Deux yang masih berkecimpung di genre musik hiphop, tapi sayang kreatifitasnya terhadap musik hip-hop terputus karena Lee Hyun Do –rekan satu timnya– meninggal dunia secara misterius.

Hiphop di Korea terbagi menjadi dua, “underground” dan “overground”. Perbedaan underground dan overground bisa dilihat jika musisi itu debut di perusahaan besar, maka dia tergabung dalam “overground” dan untuk mereka yang mengemas dan memproduksi lagunya sendiri dan bergabung dengan klub bawah tanah disebut dengan “underground”.

Oh iya, pada tahun 1990an, mulai bermunculan musisi yang mendedikasikan dirinya pada musik Hiphop. Musisi tersebut kebanyakan adalah rapper. Dan di tahun-tahun ini juga banyak rapper yang menjajal kemampuannya di music underground maupun overground.

Uptown dan Jinusean

Pada tahun 1997 grup seperti Jinusean, Uptown dan JP (Kim Jin Pyo san Yoo Seung Jun) pun debut. Tapi sesungguhnya tanpa disadari grup ini sangat terinspirasi dengan budaya hiphop di Amerika. Hal ini terlihat pada anggota grup mereka, Jinusean yang beranggotakan Jinu dan Sean yang merupakan campuran Korea dan Amerika. Lalu Uptown, Uptown memiliki rapper perempuan bernama Tasha atau lebih dikenal dengan Yoon Mirae yang berdarah Africa Amerika-Korea. Jadi memang budaya Hiphop Amerika sangat memengaruhi K-hiphop saat itu.

Selanjutnya ada DJ Shine dan Tiger JK yang  muncul dengan grup bernama Drunken Tiger dan debut pada tahun 1999. Mereka membawakan musik hiphop dengan lebih baik dengan menggabungkan ke-khas-an Korea dengan music hiphop. Namun, meski digabung dengan ciri khas Korea, masih banyak lirik yang dibuat dalam bahasa Inggris.

Epik High dan Verbal Jint

Tahun 2001, ada rapper bernama Verbal Jint. VJ-lah yang membawa perubahan di tahun 2001 dengan lagu “Rhymes Modern” di mana dengan secara signifikan mengubah skema rhyming rap dalam bahasa Korea, tak lagi melulu bahasa inggris seperti dulu. Lalu, banyak artis yang mengadopsi perubahan yang dibawa oleh Verbal Jint tersebut, seperti Dynamic Duo, Leesang, Epik High dan Supreme Team dan menjadikan mereka sebagai “main player” dalam k-hiphop saat ini.

Perkembangan di tahun 2000an hingga sekarang

Sebenernya perkembangan K-hiphop yang paling kerasa itu ketika hadir acara-acara survival dari Mnet. Contohnya kayak Show Me the Money dan Unpretty Rapstar. Show Me the Money hadir di tahun 2012. Show Me the Money merupakan acara dari Mnet, yang mencari rapper-rapper berbakat. Dengan hadiahnya adalah sejumlah uang. Yang menjadi mentor untuk acara ini adalah para musisi Hip-hop yang sudah lebih berpengalaman seperti Simon Dominic, ZionT sampai, Dok2.

Comments

Loading...