Kamis, September 29, 2022

Latest Posts

Netizen Menyebut Salah Satu Set MV “FOREVER 1” Girls’ Generation Menjiplak Tokyo DisneySea, Sang Sutradara Minta Maaf

MV baru Girls’ Generation “FOREVER 1” mengundang kontroversi minggu ini ketika seorang netizen Jepang menunjukkan kesamaan yang mengejutkan antara set video dan seni yang terlihat di taman hiburan Tokyo DisneySea.

Pada 12 Agustus KST, netizen tersebut melalui akun Twitter pribadinya mengunggah foto Tokyo DisneySea, khususnya desain lambang yang digunakan untuk merayakan ulang tahun ke-15 taman hiburan tersebut. Dia juga menuliskan, “Hah? Bukankah ini menjiplak ulang tahun ke-15 DisneySea?”

Sejumlah netizen Jepang yang membandingkan keduanya meninggalkan komentar dengan setuju, menyatakan, “Aku mengambil tangkapan layar, dan itu bahkan lebih mirip dari yang kukira,” “Persis sama,” dan “Begitulah yang digunakan dalam video musik juga.” Salah satu bahkan mengambil angka ’15’ dari lambang Tokyo DisneySea dan menumpuknya di atas potongan gambar dari MV Girls ‘Generation untuk menunjukkan betapa miripnya desain kedua angka itu.

Netizen Korea juga berkomentar, menulis, “Wow, fontnya sama persis,” “Siapa yang bertanggung jawab atas itu?,” dan “Mengapa mereka menyebabkan ini terjadi pada Girls’ Generation?.”

Permintaan Maaf Sutradara

Pada 14 Agustus, sutradara Shin Hee Won akhirnya mengeluarkan permintaan maaf melalui Instagram atas kontroversi plagiarisme tersebut. Bila diterjemahkan, permintaan maaf itu berbunyi:

“Saya ingin meminta maaf karena telah merugikan Girls’ Generation dan SM Entertainment karena kontroversi seputar desain set MV ‘Forever 1’.

Selama keterlibatan saya di setiap tahap termasuk produksi serta penggunaan semua alat peraga, sebuah desain dipinjam tanpa izin, dan saya malu dan menyesal bahwa insiden seperti itu terjadi.

Dalam merancang nomor yang akan ditempatkan dalam rangkaian parade merayakan ulang tahun ke-15 Girls’ Generation, beberapa gambar referensi terkait dengan desain numerik dipertimbangkan, dan setelah gambar yang sesuai dipilih, desain tersebut dipinjam tanpa konfirmasi tentang asal gambar.

Saya baru mengonfirmasi hari ini bahwa desain ini adalah desain yang digunakan oleh ‘Tokyo DisneySea’ Jepang untuk ulang tahun ke-15, dan saya ingin meminta maaf dengan tulus karena menggunakan gambar ini tanpa konfirmasi atau izin apa pun.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi, saya akan memeriksa semua hal yang berkaitan dengan produksi secara menyeluruh mulai sekarang.

Terakhir, saya ingin sekali lagi meminta maaf kepada Girls’ Generation, SM Entertainment dan semua fans yang menonton MV Girls’ Generation karena menyebabkan insiden yang merepotkan dengan kesalahan yang ceroboh.”

Sementara itu, sutradara Shin Hee Won adalah yang juga telah mengerjakan MV seperti “Lucky One” dan “Lotto” EXO, “Russian Roulette” dan “Rookie” Red Velvet, “4 Walls” f(x), “View” SHINee, dan banyak lagi sebelumnya.

Sumber: (1) (2)

Latest Posts

Don't Miss