OUR NETWORK

Nyaris Jadi Comfort Women dalam Film Snowy Road

foto via hancinema.net

Di setiap negara jajahan Jepang, selalu ada “comfort women” yang disediakan oleh pemerintahnya. “Fasilitas” ini diberikan untuk para tentaranya dan menjadikan wanita ini sebagai budak seks. Gadis Korea yang ada di film Snowy Road ini juga nyaris menjadi budak ini.

Film Snowy Road yang mengusung genre ini tayang pada Maret 2017 lalu. Pada awalnya, layar lebar berdurasi 2 jam ini adalah drama spesial 2 episode yang tayang di KBS2 pada 2015 lalu. Namun diedit dan jadi versi filmnya.

Kim Hyang Gi sebagai Choi Jong Boon muda

foto via hancinema.net

Kim Young Ok sebagai Choi Jong Boon tua

foto via hancinema.net

Kim Sae Ron sebagai Kang Young Ae

foto via hancinema.net

Jo Soo Hyang sebagai Jang Eun Soo

foto via hancinema.net

Choi Jong Boon adalah seorang nenek yang tinggal sendirian di rumah. Di beberapa kesempatan, dia bertemu dengan seorang siswi SMA bernama Jang Eun Soo. Gadis ini mengingatkannya pada sosok majikan sebayanya saat kecil dulu.

foto via hancinema.net

Dia pun jadi teringat dan menceritakan kepada Eun Soo tentang masa lalu kelamnya di masa penjajahan Jepang. Dulu, Jong Boon adalah anak dari keluarga miskin. Ibunya bekerja menjadi asisten rumah tangga di rumah keluarganya Kang Young Ae. Young Ae sendiri adalah murid yang cerdas. Sayangnya, Jong Boon dan Young Ae nggak pernah akur.

foto via hancinema.net

Keadaan berubah saat Jong Boon dan Young Ae sama-sama diculik dan ada di gerbong kereta api. Mereka dan gadis muda lainnya dijanjikan untuk belajar di Jepang. Mereka diperlakukan dengan baik, bahkan diajak untuk hadir di pesta penyambutan yang diadakan secara besar-besaran.

foto via hancinema.net

Tapi Young Ae sadar bahwa ada yang nggak beres. Dia mengajak Jong Boon untuk kabur dari rombongan. Benar saja, nggak lama kemudian tentara Jepang memberondong timah panas ke para wanita Korea. Sayangnya, kaki Young Ae terkena peluru. Tapi keduanya tetap berjalan ke arah hutan.

foto via hancinema.net

Di hari yang dingin dan bersalju, Young Ae nggak bisa bertahan. Dia menghembuskan nafas terakhirnya di hutan. Jong Boon harus pergi pulang sendirian. Namun, rumahnya kosong dan keluarganya nggak bisa ditemukan.

foto via hancinema.net

Sejak saat itu, Jong Boon menjalani hidup memakai nama Young Ae untuk bisa mendapat tunjangan. Setiap kali hujan turun, sampai tua pun Jong Boo selalu teringat tentang cerita memilukan yang dilewati bersama Young Ae. Berkat dirinya, Jong Boon nggak menjadi comfort woman di masa itu.

Comments

Loading...