OUR NETWORK

Pedihnya Penderitaan Jugun Ianfu Korea di Film Spirits’ Homecoming

foto via hancinema.net

Kekejaman saat masa penjajahan Jepang menjadi sejarah kelam yang selalu diingat oleh Korea Selatan. Apalagi bagi jugun ianfu. Jugun ianfu adalah sebutan untuk comfort women yang dipaksa menjadi budak seksual tentara Jepang di masa itu. Film Spirits’ Homecoming menceritakan tentang kisah kelam ini di masa lalu.

Film Spirits’ Homecoming bergenre drama ini tayang di bioskop Korea pada Februari 2016 lalu. Hadir dalam durasi cerita kurang lebih 2 jam, jadilah saksi dari kisah yang diadaptasi dari cerita nyata ini.

Song Sook sebagai Young Hee tua

foto via hancinema.net

Seo Mi Ji sebagai Young Hee muda

foto via hancinema.net

Kang Ha Na sebagai Jung Min

foto via hancinema.net

Choi Ri sebagai Eun Kyung

foto via hancinema.net

Memiliki trauma dengan keluarganya, gadis muda bernama Eun Kyung harus dibawa ke dukun untuk disembuhkan. Dia yang awalnya tidak mau bicara, kembali mengeluarkan suara dan berperilaku seperti anak normal lainnya. Sejak saat itu, Eun Kyung memutuskan untuk menjadi salah satu staf dari dukun yang menyembuhkannya.

foto via hancinema.net

Suatu hari saat membeli hanbok, Eun Kyung menemukan sebuah jimat milik nenek pemilik toko yang bernama Young Hee. Dengan kekuatannya, dia bisa melihat kejadian kelam yang terjadi saat penjajahan Jepang di masa lalu. Lalu, nenek Young Hee bercerita jika jimat itu milik temannya dulu yang bernama Jung Min.

foto via hancinema.net

Saat masuk ke masa lalu, Eun Kyung melihat cerita dari sudut pandang Jung Min. Gadis berambut panjang ini harus dibawa paksa oleh tentara Jepang. Bersama anak perempuan lainnya, mereka naik kereta dan menuju ke Tiongkok. Di sana, mereka tinggal di comfort station.

foto via hancinema.net

Di rumah itu, Jung Min bertemu dengan Young Hee. Mereka berdua hanyalah salah dua dari gadis lain yang harus menjadi budak seks dari tentara Jepang. Mereka juga sering dijadikan pelampiasan kemarahan. Tubuh penuh luka dan lebam adalah hal yang lumrah.

foto via hancinema.net

Suatu ketika, Young Hee dan Jung Min mencoba untuk kabur dari tempat itu. Sempat beberapa kali gagal, ternyata usaha kabur mereka harus ditunda. Mereka pun dihukum dan dibawa ke tempat eksekusi untuk ditembak mati. Untungnya, Jung Min dan Young Hee bisa diselamatkan oleh tentara Korea dan akan dibawa pulang.

foto via hancinema.net

Baru beberapa langkah, ternyata ada tentara Jepang yang menembak Jung Min. Young Hee membawa jimatnya Jung Min untuk dibawa dan disimpan sebagai kenangan-kenangan. Eun Kyung pun membantu nenek Young Hee untuk menuntaskan dan mengikhlaskan rasa bersalahnya pada Jung Min sejak dulu. Supaya rohnya bisa berpulang dengan tenang.

Comments

Loading...