SM Entertainment sedang memiliki project super besar di Korea. Ya, agensi yang menaungin banyak idol Kpop ini sedang mengerjakan pembangunan pusat hiburan Kpop yang bernama Changwon SMTown.

Changwon SMTown ini merupakan pusat hiburan Kpop yang nantinya akan jadi tempat di mana semua hal tentang Kpop ada di sini. Misalnya lagu-lagu, layar besar yang isinya MV Kpop, sampai ada hotelnya juga.

Changwon SMTown ini, sesuai dengan namanya, berada di kota Changwon, Korea Selatan. Sebelum bernama Changwon SMTown, pusat hiburan ini bernama Changwon Culture Complex Town. Pembangunan pusat hiburan ini sudah dimulai dan dikabarkan akan selesai pada tahun 2020 nanti.

Desain untuk Changwon SMTown

Di awal mulainya proyek ini, Walikota Changwon, Ahn Sang Soo, mengatakan bahwa proyek ini adalah proyek yang penuh arti. Pembangunan pusat hiburan ini akan jadi awal perkembangan budaya dan seni Korea Selatan khususnya di Changwon.

“Ini adalah hari yang penuh arti, membuka cakrawala lain untuk kota Changwon. Kota ini bertujuan untuk menjadi kota budaya dan seni, dan hari ini kita melangkah selangkah lebih dekat dengan itu. Dengan keikutsertaan SM Entertainment, Changwon berharap bisa menjadi pusat kebudayaan Hallyu Wave. “” Begitu kata Walikota Changwon, Korea Selatan.

press conference pembangunan changwon smtown

Beberapa fasilitas keren akan dihadirkan di Changwon SMTown ini. SM Entertainment kabarnya akan menambahkan teater hologram yang serupa dengan yang ada di COEX Artium. Di sini juga akan dibangun sebuah ruang pertemuan bagi para seniman untuk mengadakan pertemuan penggemar dan acara Hallyu.

Nah, nanti bisa aja guys bakal ada fanmeeting di sini. Atau bisa juga event-event Kpop lain yang gede banget.

Ada yang unik juga tentang Changwon SMTown ini. Kabarnya, SM akan membuat sebuah hotel yang di dalamnya menggabungkan teknologi terkini. Belum diketahui teknologinya seperti apa, namun SM berkata bahwa dengan teknologi tersebut, seseorang bisa terasa sedang benar-benar bersama idola favorit merek. Wah, kayak apa itu ya? Kita tunggu aja guys!

Nah, dari super megahnya proyek SM tersebut, plus fasilitas-fasilitas yang (akan) super keren, kalian penasaran gak berapa jumlah uang yang dihabiskan SM Entertainment? Oke, jumlahnya segini kalau dalam mata Uang Korea: 101,000,000,000. Nah, kalau dalam Dollar kurang lebih jadi segini  90,000,000. Kalau dalam Rupiah, kurang lebih segini 1,188,360,000,000.

Baca juga: Alasan Kenapa Konser Kpop Itu Mahal Banget

Ya, itulah uang (iya, uang gaes) yang dihabiskan SM Entertainment untuk membangun sebuah pusat hiburan Kpop di Changwon. Changwon SMTown. Semoga kita bisa ke sana suatu saat nanti ya guys!

BAGIKAN
Sandy Kharisma
Melebarkan sayap ke dunia baru. Dunia Kpop.