Sabtu, Oktober 23, 2021

Latest Posts

Self Titled, 6 Judul Lagu K-POP Ini Diambil Dari Nama Sang Penyanyi

Akhir-akhir ini, semakin banyak group hingga soloist K-pop yang merilis lagu self titled. Judul lagu K-pop tersebut diambil dari nama mereka sendiri. Tentu saja, penggunaan nama sendiri ini menghadirkan sebuah keunikan berbeda.

Judul lagu K-pop kerap kali hadir dengan berbagai keunikan. Seperti lagu K-pop dengan judul terpanjang, misalnya. Selain itu juga ada lagu-lagu K-pop yang mengusung judul dari nama sang penyanyi tersendiri.

Lagu self titled memang belum begitu sering digunakan di industri musik Korea Selatan. Meski begitu, terdapat 6 judul lagu K-pop yang merupakan nama dari sang penyanyi tersebut. Penasaran?

1. ‘BLACKPINK’ Lisa – “Lalisa”

Rasa percaya diri tinggi dan kesan badass diperlihatkan Lisa lewat debutnya sebagai soloist. Album debut dan juga title track yang menggunakan nama aslinya sendiri, Lalisa, secara tidak langsung menunjukan identitas dan branding Lisa yang begitu kuat.

Tidak saja album debut dengan judul namanya sendiri, Lisa pun mengusung title track dengan menggunakan nama aslinya. “Lalisa” dipilih sebagai title track dari album ini.

Pemilihan judul lagu dengan namanya sendiri tidak sembarangan. Lisa memperlihatkan energi yang kuat beserta rasa percaya diri kepada identitas yang dimiliki. Keren sekali, ya?

2. ‘MAMAMOO’ Hwasa – “Maria”

Tidak jauh berbeda dengan Lisa, lagu self titled dari Hwasa pun mengusung pesan dan makna mendalam. “Maria” merupakan nama baptis dari sang vokalis MAMAMOO yang juga soloist papan atas ini. Menggunakan nama Maria sebagai judul lagu solonya, Hwasa seakan menunjukan kepada penggemar mengenai identitas dirinya sebenarnya.

Menariknya, “Maria” pun mengusung tema mengenai penerimaan atas diri sendiri. Sekaligus menemukan kekuataan atas identitas yang dimiliki. Lagu hits K-pop ini pun menarasikan tentang kesulitan yang harus dihadapi antara karakter diri yang diperlihatkan kepada dunia. Serta jati diri sendiri.

3. ‘BTS’ Suga – “Agust D”

Topik tentang identitas diri juga diusung oleh Suga melalui debut mixtape ‘Agust D.’ Agust D merupakan alias sang rapper, yang berasal dari kebalikan Daegu Town Suga (D tsuga). Seperti diketahui, Daegu merupakan kota asal kelahiran rapper papan atas BTS tersebut.

Album mixtape ‘Agust D’ juga hadir dengan title track berjudul “Agust D”. Penggunaan namanya sendiri dalam lagu ini menjadi perkenalan Suga atas identitasnya sebagai rapper dan soloist. Terlepas dari dirinya yang merupakan idol papan atas dan member BTS.

4. OMEGA X – “OMEGA X”

Tak banyak group K-pop yang menghadirkan lagu dengan judul nama group mereka sendiri. Berbeda dengan OMEGA X, yang meluncurkan lagu hits berjudul “OMEGA X”.

“OMEGA X” memiliki nada dan lirik unik. Sesuai dengan karakter group ini sendiri yang memang berbeda dengan group-group K-pop lain. Self titled track ini pun diharapkan akan menjadi lagu yang memperkenalkan OMEGA X kepada pendengar.

5. PENTAGON – “PENTAGON”

PENTAGON memproduksi hampir seluruh track mereka sendiri. Sehingga tidak heran ketika debut mini album mereka pun memiliki track dengan nama group tersebut.

Meskipun bukan title track, “PENTAGON” menjadi lagu penuh makna untuk group tersebut dan juga penggemar. Lagu di album debut mereka inipun berhasil memperlihatkan kemampuan musikalitas PENTAGON. Sekaligus mempekuat identitas mereka.

6. Girls’ Generation – “Girls’ Generation”

Mungkin tidak banyak penggemar yang tahu bahwa girl group ternama dari SM Entertainment ini memiliki lagu dengan judul nama mereka sendiri. Uniknya pula, “Girls’ Generation” memiliki sejarah tersendiri dalam perilisannya.

Nama group Girls’ Generation diambil dari lagu “Girls’ Generation” yang ditulis, diproduksi, dan dibawakan oleh Lee Seung Chul di tahun 1989. Girls’ Generation lantas membawakan ulang lagu tersebut di debut album mereka sebagai penghormatan untuk sang penyanyi. Sekaligus memperkenalkan diri mereka ke industri musik.

 

Source: Allkpop

Latest Posts

Don't Miss