OUR NETWORK
Jumat, Februari 28, 2020
OUR NETWORK

Usaha Menjadi Pansori Secara Otodidak di Film The Sound of a Flower

foto via hancinema.net

Di masa lalu, wanita tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki. Sama seperti yang diceritakan di film The Sound of a Flower yang berlatar pada dinasti Joseon dulu. Di masa itu, seorang wanita tidak boleh menyanyi di depan umum dengan leluasa.

Film The Sound of a Flower ini dirilis di bioskop pada November 2015 lalu. Diangkat dari kisah nyata, layar lebar bergenre drama dan musikal ini hadir dalam durasi 109 menit. Cerita tentang Jae Hyo dan Chae Sun ini mampu menjadi karya yang epic.

Ryu Seung Ryong sebagai Shin Jae Hyo

foto via hancinema.net

Bae Suzy sebagai Jin Chae Sun

foto via hancinema.net

Di dinasti Joseon, pansori adalah sebuah pertunjukan tradisional yang cukup disukai oleh rakyat dan raja. Pertunjukan musikal ini bisa ditampilkan di mana saja, asal tidak ada wanita yang jadi bagian dari pansori. Saat itu, wanita dilarang keras menyanyi di depan umum.

foto via hancinema.net

Namun hal ini tidak membuat seorang gadis bernama Jin Chae Sun menyerah. Sejak pertama kali bertemu dengan Shin Jae Hyo di sebuah pertunjukan, Chae Sun langsung bercinta-cita bergabung dalam pansori.

foto via hancinema.net

Setelah beranjak dewasa, dia nekat untuk mendatangi sanggar tempat Jae Hyo mengajar. Dia rela menyamar dan berdandan seperti laki-laki. Berlatih sejak kecil secara otodidak, Chae Sun lolos dan bisa menjadi salah satu anggota pansorinya Jae Hyo. Namun saat tampil di depan raja, akhirnya ketahuan kalau Chae Sun adalah perempuan.

foto via hancinema.net

Jae Hyo pun harus menerima hukuman karena tidak tahu bahwa Chae Sun adalah perempuan. Sempat diusir, namun Chae Sun bersikeras untuk tetap berlatih dan menjadi pansori. Hati Jae Hyo pun luluh dan dia tetap melatih Chae Sun untuk tampil di pertunjukan selanjutnya. Dia siap menerima konsekuensi jika harus dihukum lagi oleh pihak kerajaan.

foto via hancinema.net

Tanpa perlu menyamar, Chae Sun tampil di pertunjukan yang sudah disepakati. Di depan banyak orang, dia mampu membuktikan bahwa tida ada yang salah jika perempuan menjadi bagian dari pansori. Chae Sun mampu membuat penontonnya terpukau dengan penampilannya.

foto via hancinema.net

Namun, kerajaan tetap menolak terobosan Jae Hyo. Dia memaksa Jae Hyo untuk mengeluarkan Chae Sun sebagai pansori. Chae Sun dipaksa untuk menjadi permaisuri. Jika menolak, dirinya dan pelatihnya itu akan dihukum mati oleh raja. Apakah mereka bisa bertahan menjadi pansori tanpa harus ada yang dikorbankan?

Comments

Loading...