Ditulis oleh Gandia Mega @gandiamega

Belajar Bahasa paling cepat dan mudah adalah melalui film, musik, atau drama. Kpopers udah pasti sering banget denger lagu, film, drama Korea kan? Sampai-sampai kita ikutin beberapa ekspresi yang paling umum dari drama Korea seperti ‘mwo?’, ‘annyia’, ‘ne’.

Seperti layaknya budaya Asia, mereka punya tingkatan Bahasa kesopanan. Kayak Bahasa Sunda atau Jawa, yang punya Bahasa sopan untuk orang tua, ke teman yang tidak terlalu kenal, atau ke teman yang udah akrab banget. Di Korea juga sama, ada Bahasa formal, informal, dan banmal. Apa sih banmal?

Bahasa Banmal adalah bahasa yang hanya digunakan pada orang yang sebaya, dengan orang yang lebih muda, atau (jika dengan orang yang lebih tua) harus seizin orang tersebut.

Nah Kpopers, drama yang sering kita tonton ternyata lebih banyak menggunakan Bahasa Banmal lho. Mimin mau ngasih tahu nih beberapa supaya nanti gak salah ngomong waktu ketemu Oppa atau Onnie ya. Yuk simak apa aja.

Annyeonghaseyeo (안녕하세요)

Kata sapaan ini sih sering banget kita denger, sapaan paling umum ketika kita bertemu seseorang. Untuk formal (banget) nya kita mengucapkan ’Annyeonghasimnikka’ (안녕하십니까), informal dan yang paling aman nya adalah ‘Annyeonghaseyeo’ (안녕하세요) dan banmal nya ‘Annyeong’ (안녕).

Saranghada (사랑하다)

Kalau yang ini pasti sering kita ucapin buat bias kita ya. Tapi ini juga ternyata ada tingkatan nya loh. Yang pertama adalah ‘saranghamnida’ (사랑합니다) kemudian ‘saranghaeyo’ (사랑 해요) dan yang terakhir ‘Saranghae’ (사랑해). Yang artinya Kpopers udah pada tahu ya yaitu ‘Aku Cinta Kamu’.

Mianhada (미안하다)

Kata populer berikutnya adalah ‘Mianhada’ yang artinya maaf. Berbeda dari 2 kata sebelumnya. Bentuk umum hormat dari ‘Mian’ tidak ditambahkan ‘imnida/iyeyo’ tapi justru ‘jwesonghamnida’ (죄송합니다). Nah untuk informalnya baru menjadi ‘mianhaeyo’ (미안해요) dan yang terakhir adalah ‘mianhae’ (미안해).

Kamsahada (감사하다)

Ada dua ungkapan terima kasih dalam Bahasa Korea yaitu ‘gamsahamnida’ (감사합니다) dan ‘gomapseumnida’ (고맙습니다). Dua-duanya bisa dipakai dalam bentuk formal. Bentuk informalnya menjadi ‘gomawoyo’ (고마워요), banmal nya menjadi ‘gomawo’ (고마워). Untuk bentuk(?) kamsahamnida kurang lebih sama seperti gomapseumnida ya Kpopers.

Chukahada (축하하다)

Kpopers pasti sering nyanyi ucapan selamat ulang tahun pake Bahasa Korea kan? atau sekadar ngucapin selamat ketika ada kabar bahagia. Untuk bentuk formalnya ‘chukahamnida’ (축하합니다) biasanya diucapin ketika adegan di perkantoran yang emang formal banget. Bentuk informalnya menjadi ‘chukhaeyo’ (축하 해요) dan nonformal nya menjadi ‘chukhae’ (축하 해).

Nah itu dia beberapa ungkapan/kata yang sering diucapin di drama Korea yah Kpopers. Udah tahu kan kalau ternyata di drama lebih sering pake banmal? Untuk formal memang biasanya digunakan buat wilayah kerja atau berbicara pada yang lebih tua. Tapi bukan berarti yang informal apalagi banmal bisa dipake di mana aja ya. Amannya sih kalau baru ketemu, pake Bahasa yang formal sampai lawan bicara mempersilahkan untuk ngobrol pake informal. Jadi, hati-hati pake ungkapan banmal ke bias atau gebetan orang Korea. Nanti bisa-bisa mereka ilfeel deh.