OUR NETWORK
Senin, Januari 18, 2021
OUR NETWORK

16 Lagu Kpop di Tahun 2020 yang Miliki Konsep Retro

Di tahun 2020 ini cukup banyak artis-artis Kpop yang mengusung konsep retro untuk karya mereka. Mulai dari ayunan jazzy tahun 1920-an, disko dan synthesizer tahun 80-an, hingga hip hop tahun 90-an, mereka berhasil mengeksplorasi suara dari berbagai dekade. Berikut inilah 16 lagu Kpop dengan konsep retro rilisan tahun 2020 yang wajib kamu dengar!

  1. “When We Disco” – Park Jin Young dan Sunmi

Keduanya bintang ini duet dalam track “When We Disco”, yang sesuai dengan namanya, merangkul tren tari tahun 80-an serta genre trot Korea.

  1. “LA DI DA” – EVERGLOW

EVERGLOW menyatakan bahwa mereka “nggak punya waktu untuk para hater” dalam lagu “LA DI DA”, lagu elektropop dengan instrumental tahun 80-an

  1. “HOME; RUN” – SEVENTEEN

Sementara sebagian besar grup memilih konsep beberapa dekade terakhir, SEVENTEEN kembali ke tahun 1920-an dengan “HOME; RUN”, sebuah lagu energik yang sangat cocok untuk mereka.

  1. “MAGO” – GFRIEND

GFRIEND mengambil konsep disko yang berkilauan dan glamor untuk “MAGO”, sebuah lagu tentang mengendalikan hidup seseorang.

  1. “Diver” – YooA Oh My Girl

YooA Oh My Girl melakukan debut solonya dengan “Bon Voyage” tahun ini, tapi “Diver” adalah hidden gem dari mini album pertamanya! Coba dengerin ~

  1. “Pump It Up” – Golden Child

“Pump It Up” mengingatkan miliki vibe dance retro, yang terasa klasik, serta menawarkan sesuatu yang segar yang akan membuat yang satu ini layak untuk didengarkan.

  1. “Dingga” – MAMAMOO

“Dingga” dilengkapi dengan synth retro, beat yang funky, dan break dance yang supern keren!

  1. “Dynamite” – BTS

Lagu hits yang memecahkan berbagai rekor ini miliki music disco-pop yang menarik dan menyenangkan, dengan kostum dan koreografi bertema disko pada MVnya.

  1. “We Ride” – Brave Girls

Brave Girls mengajak kita kembali ke masa lalu dengan “We Ride”, lagu pop city mendayu yang bernuansa tahun 80-an.

  1. “HEADACHE” – Jongup B.A.P feat. YUNHWAY

Meskipun disebut “HEADACHE,” lagu dari Jongup ini menyenangkan, easy listening!

  1. “SOUL LADY” – Yukika

Solois ini nggak asing dengan musik vintage, seperti yang dapat dibuktikan oleh album 2020-nya “Soul Lady”. Lagu utama, “SOUL LADY”, adalah lagu pop yang terasa seperti berasal dari tahun 80-an.

  1. “Beach Again” – SSAK3

Grup bertema 90-an SSAK3 dibentuk di MBC “How Do You Play?” dan menampilkan Yoo Jae Suk, Lee Hyori, dan Rain (sebagai “Yoo Dragon”, “Linda G,” dan “B-Ryong,” masing-masing).

  1. “1 Billion Views” – EXO-SC Feat. MOON

“1 Billion Views” menggabungkan hip hop jadul dengan musik disko, semua dibungkus dalam satu MV vintage yang psychedelic!

  1. “LALALILALA” – APRIL

Instrumental a la tahun 80-an di lagu ini memang nggak cukup kuat, tetapi synth retro yang digabungkan dengan melodi yang menarik membuatnya menjadi baru dan menarik.

  1. “90’s Love” – NCT U

NCT U mendeskripsikan lagu ini sebagai “newtro”, atau new retro, karena memadukan elemen retro tahun 90-an dengan suara yang lebih kontemporer.

  1. “I CAN’T STOP ME” – TWICE

“I CAN’T STOP ME” miliki suara pop synthwave dari tahun 1980-an untuk nuansa retro yang imersif. Lagunya nagih banget kan?!

Selain lagu-lagu di atas, ada lagu Kpop apa lagi nih yang miliki konsep retro?

Sumber: (1)

Comments

Loading...