Kamis, Mei 26, 2022

Latest Posts

18 Lagu Hits K-pop Tentang Emansipasi Wanita, Pas Menutup Women’s History Month (Part 2)

Lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita memang harus ada dalam playlist. Lagu-lagu ini akan tepat didengarkan sebagai pendongkrak semangat dan juga rasa percaya diri. Di akhir Women’s History Month, lagu berikut setidaknya wajib ada dalam playlist kalian.

Women’s History Month salah satu memperingati kebebasan wanita. Bagaimana para wanita beremansipasi menjadi sosok yang tidak mungkin bisa dilakukan sebelumnya. Bertahun-tahun setelah itu, konsep emansipasi wanita ini masih tetap relevan.

Tema dan konsep emansipasi wanita tidak saja hadir dalam puisi, narasi, maupun film. Terdapat sederet lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita yang juga mendiskusikan hal sama. Melanjutkan daftar sebelumnya, berikut ini merupakan lagu-lagu mengenai emansipasi wanita yang akan sempurna untuk penutup Women’s History Month.

7. aespa – “YEPPI YEPPI”

aespa tidak saja menarasikan lagu mengenai perjalanan mereka di KWANGYA. Girl group rookie SM Entertainment ini juga menyuguhkan lagu yang merayakan diri mereka sebagai seorang wanita.

“YEPPI YEPPI” memperlihatkan aespa yang merayakan diri mereka. Girl group dengan 4 orang member ini bernyanyi dengan lirik tentang bagaimana mereka sangat menikmati diri sebagai seorang wanita. Entah itu karena kecantikan mereka hingga kebebasan yang dirasakan. Lagu sempurna untuk tema emansipasi, bukan?

8. CLC – “ME”

CLC juga menyanyikan mengenai bagaimana mereka sangat unik dan berbeda. Hanya ada satu CLC di dunia ini dan meraka layak untuk merayakan fakta tersebut. “ME” merupakan lagu yang wajib ada di playlist bukan saja karena tema emansipasi yang diangkat. Melainkan juga bagaimana CLC menunjukan kualitas musikalitas apik yang tidak perlu diragukan.

Lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita ini benar-benar menyuguhkan sisi lain dari seorang perempuan. Wanita yang begitu percaya diri. Sesuai dengan konsep emansipasi.

9. EXID – “Ah Yeah”

“Ah Yeah” menggambarkan satu sisi seorang wanita yang sayangnya jarang disorot. Seorang perempuan yang kerap kali menjadi objek dan fantasi para pria. Para perempuan yang perilaku dan tindak tanduknya kerap ditangkap sebagai sesuatu yang salah. “These moments are so typical, it’s making me uncomfortable, stop asking me those kinds of things” menjadi bagian lirik dari lagu K-pop apik ini.

EXID memperlihatkan diri mereka sebagai sebuah girl group percaya diri. Uniknya, video musik “Ah Yeah” justru terlihat begitu seksi. Belum lagi koreografi dance yang juga tidak kalah menggoda. Ini seakan menjadi ironi dengan pesan dari lagu tersebut sendiri.

10. Sunmi – “Siren”

Sunmi mengumpamakan dirinya sebagai Siren dalam lagu ini. Siren sendiri adalah karakter mistis yang kerap digambarkan sebagai wanita cantik. Di tengah-tengah laut, Siren akan menggoda para pelaut. Sampai akhirnya mereka jatuh ke dalam perangkapnya dan meninggal dunia.

Pesan di “Siren” pun tidak kalah berbeda. Sunmi memperingatkan siapapun juga agar tidak terperdaya dengan pesonanya. Pasalnya sang soloist ternama memiliki sisi berbahaya. Sisi yang jauh melebihi penampilan fisiknya yang begitu mempesona.

11. LOONA – “So What”

Di daftar ini dan sebelumnya, sudah ada sederet lagu dari girl group mengenai rasa percaya diri. “So What” mengusung tema sama seperti “TOMBOY” dan “GOOD GIRL,” dimana LOONA bertekad untuk melakukan segala sesuatu dengan caranya sendiri. Mereka tidak ingin jatuh kepada standar yang ditetapkan orang lain untuk mereka.

Lagu dengan irama musik dance pop EDM ini sudah pasti wajib ada dalam playlist kalian juga!

12. Red Velvet – “Sassy Me”

Dari judulnya saja sudah jelas apa tema lagu ini. Red Velvet menyanyikan mengenai bagaimana mereka bisa melakukan segalanya. “I can do anything. Inside me is the universe,” nyanyi Red Velvet. Sebuah lagu dengan narasi dan lirik yang kental akan rasa percaya diri.

Selain lagu-lagu di atas, masih ada sederet hits K-pop tentang emansipasi lain yang tidak boleh kalian lewatkan di daftar selanjutnya.

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss