Kamis, Mei 26, 2022

Latest Posts

18 Lagu Hits K-pop Tentang Emansipasi Wanita, Pas Menutup Women’s History Month (Part 3)

Emansipasi wanita memang bukan tema biasa. Walau begitu, tema satu ini justru cukup banyak diangkat dalam lagu-lagu K-pop. Terutama dari girl group maupun soloist wanita. Lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita ini pastinya tepat didengarkan bila kalian membutuhkan suntikan semangat dan dorongan rasa percaya diri.

Women’s History Month akan resmi ditutup di akhir Maret. Bulan ini dirayakan sebagai momen emansipasi wanita. Bulan pembebasan diri, dimana para wanita bisa meraih mimpi dan impian apapun yang mereka inginkan. Tidak ada lagi kukungan yang harusnya dirasakan oleh para wanita di seluruh dunia.

Melanjutkan dari daftar bagian pertama dan kedua, berikut ini merupakan daftar lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita. Pastinya lagu-lagu ini wajib ada dalam playlist kalian ya!

13. ITZY – “WANNABE”

Konsep girl crush dari ITZY saja sepertinya sudah cukup menjadi alasan mengapa lagu-lagu girl group ini wajib ada di playlist Women’s History Month. ITZY tidak saja melambangkan image remaja pemberontak. Melainkan juga bagaimana remaja wanita menemukan rasa percaya diri dan mencintai diri mereka sendiri.

“WANNABE” menjadi salah satu rilisan di tema ini. Melalui lagu ini ITZY memastikan bahwa bagaimanapun orang lain berusaha, hanya ada akan satu diri mereka. Tidak akan bisa dicontek maupun ditiru.

14. Chungha – “Chica”

Bentuk emansipasi salah satunya mengizinkan para wanita untuk memiliki ambisi. Chungha menyanyikan lagu mengenai ambisi para wanita tersebut dalam track yang begitu apik, “Chica”.

“Chica” memberikan dorongan untuk melupakan ketakutan, rasa tidak percaya diri, hingga segala perasaan negatif. Mengganti semua perasaan negatif tersebut dengan berbagai sisi positif. “It doesn’t matter how many times you fall, as long as you try, woman now woman” narasi Chungha dalam lirik lagu ini.

15. ‘Girls’ Generation’ Taeyeon – “Spark”

Bila dibandingkan dengan lagu-lagu lain di daftar ini, “Spark” memang tidak secara gamblang berbicara mengenai emansipasi sebagai wanita. Walau begitu lagu ini justru tidak kalah memberikan pesan dalam mengenai emansipasi dan rasa percaya diri.

Seperti judulnya, “Spark” mengangkat narasi mengenai spark yang dimiliki dalam diri seorang wanita. Serta tentu saja bagaimana untuk mengeluarkan spark tersebut demi menjadi sosok yang lebih bersinar.

16. STAYC – “STEROTYPE”

Menjadi sosok wanita bebas memang bukan selalu mengenai bagaimana menjadi kuat dan percaya diri. Kebebasan sering kali juga berarti bagaimana seorang wanita bisa menunjukan sisi rapuh mereka. STAYC menghadirkan sisi personal dan rapuh tersebut melalui salah satu hits terbaru, “STEROTYPE”.

Dirilis tepat ketika STAYC mendapat banyak perhatian dan popularitas, “STEROTYPE” menjadi luapan perasaan dari para member girl group tersebut. STAYC seakan mengakui bahkan ketika mereka sudah meraih popularitas pun, ketakutan dan perasaan lemah masih selalu ada. Berbeda dengan streotipe yang sering diberikan kepada mereka.

17. ‘BLACKPINK’ Jennie – “SOLO”

Masih ragu dan takut untuk keluar dari sebuah hubungan? Entah betapa membosankan hubungan tersebut? Melalui “SOLO” Jennie membuktikan bahwa tidak apa-apa untuk sendiri. Bahkan kadang, solo atau jomblo tanpa pasangan justru jauh lebih baik.

Tema lagu inipun mungkin jauh dari emansipasi. Namun bila ditilik lagi, bukankah akan sangat membebaskan untuk tahu bahwa seorang wanita tidak perlu bergantung pada pasangan?

18. BoA – “Woman”

Lagu hits K-pop tentang emansipasi wanita satu ini sudah pasti harus ada dalam playlist. Melalui lagu ini BoA menarasikan bagaimana rasanya menjadi wanita. Rasa percaya diri, kesulitan yang dilalui, sampai beragam tantangan yang selalu bisa diatasi. Lagi-lagi karena mereka adalah sosok wanita!

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss