Jumat, Desember 2, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

9 Lagu Hits KPOP Ini Butuh Bertahun-tahun Sebelum Dirilis Resmi

Waktu perilisan sebuah lagu dipercaya akan menjadi salah satu penentu kesuksesan. Selain itu juga, sering kali walau pun sudah rampung ditulis track tersebut dianggap belum menemukan “jodoh” untuk dibawakan. Sederet lagu hits KPOP ini misalnya, yang diungkap membutuhkan lebih dari 2 tahun sebelum dirilis.

Berikut ini merupakan 9 lagu hits KPOP yang sudah lama dirampungkan, namun membutuhkan bertahun-tahun sebelum perilisan resmi.

1. “Produce 101” Season 2 – “It’s Me (Pick Me)”

Popularits Produce 101 membawa “It’s Me (Pick Me)” sebagai salah lagu lagu hits KPOP, bahkan sampai saat ini. Sang pencipta lagu sendiri Ryan Jhun merupakan sosok yang tak asing lagi dan sudah menulis hits untuk EXO, Taeyeon, Red Velvet serta SHINee.

Pada sebuah wawancara, Ryan Jhun mengungkap “It’s Me (Pick Me)” sudah selesai ditulis bersamaan dengan mega hits untuk SHINee, “Lucifer” pada 10 tahun lalu.

“‘It’s Me’ adalah salah satu lagu yang saya produksi ketika saya masih menjadi produser yang bercita-cita tinggi 10 tahun yang lalu. Judul asli lagu itu adalah ‘Moonlight’, tetapi PD Ahn Jun Young [dari 101 Produce 101] menyarankan agar kami harus mengubahnya.”

2. BTOB Blue – “When It Rains”

Salah satu lagu hits dari BTOB ini ditulis oleh membernya sendiri, Hyunsik 4 tahun sebelum dirilis. Penggemar sebenarnya sudah menantikan perilisan resmi dari “When It Rains” sejak pertama kali dinyanyikan sambil lalu oleh Seo Eunkwang di realisty show BTOB, “The Beat” pada 2015.

Sebelum perilisan, Hyunsik pun mengungkap pada fans mengenai rencana meluncurkan “When It Rains” secara resmi. “Tidakkah kalian semua tahu lagu ‘When It Rains’? Kami akan mencoba merilis trek tahun depan jika ada peluang.”

3. MAMAMOO, Bumkey – “Don’t Be Happy”

Lagu hits KPOP berikutnya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun dirilis adalah “Don’t Be Happy”, yang merupakan kolaborasi antara MAMAMOO dan Bumkey pada 2014. Track ini awalnya ditulis oleh Esna dalam bentuk akustik. Namun kemudian digarap ulang oleh  Kim Do Hun dengan menambahkan elemen musik jazz dan kemudian rilis resmi.

4. ‘BIGBANG’ G-Dragon – “Untitled, 2014”

Saat pertama kali dirilis pada 2017, judul title track dari album solo “Kwon Ji Yong” ini dianggap sebagai jumlah dari tanggal serta tahun kelahiran dari G-Dragon. Walau pun pada akhirnya terungkap bahwa “2014” di judul memang menunjukan tahun lagu hits KPOP ini ditulis.

5. Oh My Girl BANHANA – “Banana Allergy Monkey”

Debut track untuk unit group Oh My Girl BANHANA ini disebutkan sudah ditulis sejak 10 tahun lalu. Hanya saja saat itu, sang produser tak mampu menemukan group yang benar-benar cocok dengan lagu quirky satu ini. Sebelum akhirnya dirilis untuk Oh My Girl BANHANA pada 2018.

6. INFINITE – “Pray (Maetel’s Sorrow)”

Bukan hanya ditulis, INFINITE rupanya sudah memulai proses rekaman “Pray (Maetel’s Sorrow)” untuk album ketiga “Top Seed” sejak 7 tahun lalu.

“Kami sudah menyiapkan lagu ini sejak tujuh tahun lalu. Sementara anggota lainnya baru-baru ini merekam ulang lagu tersebut. Suara Sunggyu dan Sungjong tetap sama dari tujuh tahun yang lalu,” ujar Sungyeol pada saat konferesi pers album.

7. Girls’ Generation  – “Dancing Queen”

Girls’ Generation pun rupanya sudah menyelesaikan proses rekaman sampai syuting video klip untuk “Dancing Queen” sejal 2008. Namun lagu hits KPOP ini baru dirilis pada 2013 lalu sebagai bagian dari album “I Got a Boy.”

8. EXO – “El Dorado”

Salah satu hits ternama dari EXO ini pun sudah didengarkan pada penggemar sejak 2013. Tepatnya dalam video perkenalan member Chanyeol. “El Dorado” akhirnya baru dirilis resmi  pada 2015.

9. ‘Super Junior’ Kyuhyun – “My Thoughts, Your Memories”

Member Super Junior satu ini mengungkap menulis lagu untuk album solonya 3 tahun sebelum dirilis. Tepatnya setelah ia selesai minum-minuman beralkohol. Setelah itu ia pun mengajak Changmin, member TVXQ untuk menulis lirik dan jadilah track “My Thoughts, Your Memories”. Lagu ini sendiri akhirnya menjadi track untuk album solo perdana miliknya yang rilis pada 2014, “At Gwanghwamun”.

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert