Sabtu, Januari 29, 2022

Latest Posts

Album ‘Your Choice’ Menjadi Bukti Kematangan Musikalitas SEVENTEEN

Diantara sederet musisi dan group KPOP lain, musikalitas SEVENTEEN memang tidak perlu lagi diragukan. Kali ini, self-produced boy group tersebut kembali dengan mini album ‘Your Choice.’

Mini album ke-8 ini menyuguhkan beberapa hal baru. Eksplorasi musik SEVENTEEN untungnya tidak membuat mereka kehilangan jati diri. Malah sebaliknya, album ‘Your Choice’ masih memiliki signature musik khas SEVENTEEN. Namun dalam versi lebih matang.

Tracklist ‘Your Choice’

  1. Heaven’s Cloud
    2. Ready to love
    3. Anyone
    4. GAM3 BO1
    5. Wave
    6. Same dream, same mind, same night

Untuk album ini, SEVENTEEN mengedepankan summer-love vibe; dengan genre pop dan musik peppy. Para member SEVENTEEN terlibat dalam proses produksi hingga menulis album ini. Selain dibantu juga oleh produser “langganan” album-album SEVENTEEN sebelumnya. Seperti BUMZU, serta CEO HYBE Entertainment, ‘Hitman’ Bang.

Salah satu faktor tidak hilangnya signature khas musik SEVENTEEN dari album ini memang andil dari para member dalam proses kreatif. Album ‘Your Choice’ hadir dalam 6 track, masing-masing memperlihatkan kematangan musikalitas SEVENTEEN.

Album ini dibuka dengan opener “Heaven’s Cloud”; track pop-rock kaya akan melodi dengan aransemen minimalis. “Heaven’s Cloud” memberi highlight pada para vokal. Irama adiktif menjadi daya tarik dari track ini.

“Heaven’s Cloud” tidak saja dipenuhi dengan melodi serta irama yang diaransemen dengan begitu apik. Lirik yang memenuhi track ini pun layak mendapat perhatian tersendiri. “Heaven’s Cloud” tidak saja sempurna untuk membuka album ‘Your Choice.’ Melainkan pula mengantarkan pendengar ke title track “Ready to Love.”

SEVENTEEN merupakan salah satu KPOP group yang terus bereksplorasi dengan musik mereka. Group ini pernah merilis tittle track dengan genre pop-rock, fresh-pop, dance-pop, hingga disco. Kali ini, “Ready to Love” memiliki irama peppy dengan progression ciamik.

“Ready to Love” memiliki bassline yang cukup membuat lagu ini sebagai title track worthy. Bila dibandingkan dengan title track sebelumnya, “Ready to Love” memang terdengar laid back. Lagu ini berbeda dengan title track lain yang biasanya bertempo lebih cepat serta kaya akan instrumen.

Gitar elektrik menjadi pembuka pada track selanjutnya. “Anyone” jauh lebih intense dibanding “Ready to Love.” Terutama permainan drum dan harmonisasi vokal apik khas dari SEVENTEEN. Sentuhan irama rock menjadi highlight tersendiri. Memberikan kesegaran sekaligus memacu adrenaline setelah “Ready to Love.”

Seperti judulnya, “GAM3 BO1” transpirasi pada dunia cyber 8-bit. Track mid-tempo ini terdengar pas menjadi lanjutan “Anyone” dengan irama rocknya. Seruan “game game game game game game game boy!” pun terdengar sangat khas SEVENTEEN. Mengingatkan penggemar akan aksi panggung group KPOP ternama ini.

Track ini menjadi salah satu terbaik di album “Your Choice.” Tidak saja keunikannya berkat sample sound bit dari berbagai permainan arcade. Melainkan juga aransemen lagu yang terdengar klasik sekaligus modern.

SEVENTEEN rupanya tidak ragu menyertakan berbagai genre berbeda dalam album ini. Track berikutnya, “Wave” mengusung musik techno house. “Wave” memang awalnya terdengar mengejutkan. Terutama pergantian irama dari “GAM3 BO1” sebelumnya ke “Wave” memang cukup tidak terduga.

“Wave” kembali menunjukan satu lagi sisi kedewasaan musikalitas SEVENTEEN. SEVENTEEN sanggup meramu lagu hingga terdengar catchy, adiktif, sekaligus berkualitas tinggi.

Perubahan lain dibawa SEVENTEEN melalui “Same dream, same mind, same night.” Di track ini, SEVENTEEN mengusung konsep R’n’B 90an. Mulai dari vokal, instrumen, hingga aransemen. Jangan salah bila mendengarkan lagu ini akan mengingatkan pada jaman-jaman karaoke dengan lagu-lagu dari tahun 90an dulu.

Latest Posts

Don't Miss