Sudah bukan rahasia lagi kalau kimchi adalah makanan wajib semua warga di Korea, tapi apakah sayuran asam dan pedas ini benar-benar makanan yang menyehatkan?

Rata-rata orang Korea bisa mengonsumsi sekitar 40 pon makanan fermentasi ini per-tahunnya. Kimchi sudah menjadi banchan (makanan pendamping di Korea) selama lebih dari 1400 tahun loh chingu!

Sebagian besar jenis kimchi yang dibumbui dan difermentasi adalah kimchi dari sayuran kubis atau baechu. Bumbunya bisa bervariasi, tergantung jenis sayuran yang digunakan. Pada dasarnya proses pembuatan kimchi adalah dengan memakai bumbu olahan cabai dan garam yang dicampur dengan kubis tersebut. Keduanya akan dicampur dan dipijat oleh tangan supaya bisa meresap lebih baik. Kemudian kimchi akan difermentasi tergantung seberapa lama dengan selera si pembuat.

Pedasnya kimchi tergantung dari bumbu yang digunakan, rasanya ada yang manis sampai dengan asem banget loh. Tekstur sayurannya yang layu dan crunchy, menjadi alasan kenapa kimchi disukai semua orang.

Di Korea sendiri, chingu akan menemukan ratusan resep olahan kimchi, gak aneh sih, ini kan makanan dan juga budaya yang asli dari sana, tentunya setiap rumah memiliki resepnya masing-masing. Ya sama aja kayak sambel di setiap rumah orang-orang di Indonesia.

Nah tapi pertanyaanya adalah, apakah Kimchi merupakan makanan yang sehat untuk tubuh manusia? Ternyata kimchi merupakan makanan yang sangat-sangat menyehatkan loh chingu!

Pertama-tama, kimchi itu tinggi serat dan memiliki kadar lemak, gula, dan kalori yang rendah. Kedua, kimchi penuh dengan asam amino, vitamin (A, B-1, B-2 dan C), mineral (zatbesi, kalsium, selenium), dan juga antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tapi tunggu, masih ada lagi…

Proses fermentasi pada kimchi menciptakan bakteri lactobacilli (seperti dalam yogurt) yang membuat pencernaan dan menjaga usus kita untuk tetap sehat. Kubis sendiri dikenal menyehatkan karena memiliki kualitas detoksifikasi yang bagus. Usus yang sehat dan bersih tentunya akan menyerap dan mengasimilasi nutrisi ke dalam tubuh lebih baik lagi.

Gimana semakin gak ragu kan untuk tetap mengkonsumsi kimchi?

Baca juga: Fakta-fakta Mencengangkan dari Kimchi

Sumber: Snackfever

BAGIKAN
Alika Nugraha
Alika yang sering dipanggil 'teh' atau 'eonnie' kalau berkenalan secara online ini sebenarnya cowo tulen yang punya hobi menulis segala hal berbau Kpop. Masih sedang bertanya kepada diri sendiri sejak kapan playlist di gadget berubah dari A7X menjadi Got7