Sabtu, Oktober 1, 2022

Latest Posts

Minum Soju di Korea Juga Ada Etikanya Lho, Ini Dia!

Soju adalah minuman keras dari fermentasi air beras yang sudah mendarah daging di budaya negara ini sejak lama. Namanya juga minuman jahat, yang boleh mengonsumsi ya orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 20 tahun. Daaan, ada etika minum soju loh di Korea itu.

Minum soju juga nggak bisa asal seruput kayak minum soda gembira. Ternyata ada etikanya tersendiri saat meminum air yang dikemas di botol hijau ini. Untuk menambah pengetahuanmu nih, etika ini yang perlu kamu tahu! Hitung-hitung belajar sedikit tentang budayanya ya.

Sebisa mungkin jangan minum sendirian

etika minum sojuBukan untuk mabuk-mabukan, sebenernya minum soju di Korea ini untuk mempererat pertemanan dan hubungan dengan orang lain, guys. Perlu ada orang yang menuang dan yang meminum. Kalau minum sendiri dan mabuk berat, jadinya ada yang bantuin buat pulang. Kalau minum sendiri gimana? Ya pulang sendiri.

Jangan menuang sendiri soju ke dalam gelas

etika minum sojuKalau lagi minum soju sama senior, nggak boleh tuh namanya nuangin soju ke gelas sendiri. Nggak sopan. Seniornya yang akan menuangkan soju untuk kamu minum.

Jika menuang soju ke orang yang lebih tua, pakai dua tangan

etika minum sojuWalaupun lagi minum, kesopanan nggak boleh ditinggalkan. Tuang soju dengan kedua tangan ya.

Jangan minum sambil menghadap orang yang lebih tua

Badan perlu diserongkan, supaya tetap sopan saat minum soju bersama orang yang lebih tua.

Kalau ada gelas yang kosong, bantu tuangin

etika minum sojuAturannya sama, menuangnya pakai dua tangan.

Kode nggak minum banyak: sisakan separuh di gelasmu, supaya nggak ada yang ngisi lagi

Jangan sampai nggak sadarkan diri, apalagi pingsan

Karena tujuan dari minum soju adalah untuk kenal lebih dalam dengan orang lain, alangkah baiknya kalau nggak sampai terlalu mabuk, apalagi pingsan dan muntah. Jadi ngerepotin orang lain.

Kalau ditawarin soju sama orang Korea, mau nggak mau harus menerima. Apalagi kalau ditawarin sama orang yang lebih tua, bisa-bisa dianggap nggak sopan. Tapi, ada beberapa keadaan yang bikin kamu wajib untuk menolak, yaitu: dilarang agama, hamil, nyetir mobil, mengonsumsi obat dokter, atau alergi alkohol.

Nah itu dia sedikit tentang etika minum soju di Korea Selatan. Yang awalnya nggak tahu sama sekali, jadi sedikit paham ‘kan jadinya.

Latest Posts

Don't Miss