Kamis, Agustus 11, 2022

Latest Posts

Miyeok-guk dan Doljanchi, Tradisi Ulang Tahun Warga Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

Annyeong! Kali ini kita akan bahas salah dua dari tradisi di Korea Selatan yang kaya akan ginseng ini, yuk!

Miyeok-guk atau bahasa bekennya sup rumput laut…

Ketika seseorang ulang tahun, apa yang biasanya disiapin? Mungkin ada yang membeli cake, dan yang Indonesia banget adalah tumpengan nasi kuning.

Di Korea Selatan punya tradisi untuk ulang tahun juga lho, chingu. Yang berulang tahun harus makan Miyeok-guk atau sup rumput laut. Ini sebagai ungkapan syukur dan wujud penghargaan untuk ibu yang bersusah payah dan berjuang mengandung kita selama 9 bulan.

(foto 1) (foto 2)

Biasanya dicampur dengan daging atau seafood.

Di drama Korea juga banyak ditunjukkan tentang betapa pentingnya makan sup rumput laut saat ulang tahun. Nggak harus ibu yang buat, mungkin saudara, sahabat, atau pacar juga bisa buatin ini, lho.

(foto 3)Salah satu adegan di drama 49 Days nih, chingu…

Selain itu, emang gizi yang ada di sup rumput laut ini bermanfaat buat ibu-bu sebelum dan sesudah melahirkan. Diantara K-popers udah ada yang coba sup ini belum?

Doljanchi, atau disebut Dol aja juga bisa…

Tradisi selanjutnya tentang ulang tahun di Korea Selatan adalah mereka nggak merayakan Sweet 17. Biasanya kan di usia ini anak-anak muda pada ngerayain secara heboh.

(foto 4)Orang Korea Selatan merayakan ulang tahun secara meriah malah waktu seorang anak baru berumur satu tahun. Kalo secara penghitungan umur Korea, mereka merayakan ulang tahun ke-2 secara besar-besaran. Acara ini yang dinamakan Doljanchi. Anak-anak ini pake Hanbok dan menyuguhkan beragam makanan tradisional Korea seperti kue beras, buah-buahan, dan masih banyak lainnya.

(foto 5)Makanan ini akan dibagi ke kerabat dan tetangga sekaligus bentuk syukur ke Dewi Granny Samsin, yang dipercaya memberi kesehatan pada anak-anak. Tuh meja sampe penuh gitu saking banyaknya makanan.

Puncak dari acara ini adalah ketika sang anak memilih salah satu barang yang ada di meja. Kayak uang, nasi, buku, dan benang, yang punya arti tersendiri untuk meramal masa depannya. Wih, penuh makna ya chingu tradisinya.

Eh, ternyata dedek Daebak juga habis ngerayain Dol nih. Daebak-dol! Yuk kita intip keseruannya~~

(foto 6)(foto 7)Nah, sekarang chingu udah pada tau kan beberapa tradisi ulang tahun di Korea Selatan?

Sumber: VisitKorea

Latest Posts

Don't Miss