OUR NETWORK
Minggu, Januari 24, 2021
OUR NETWORK

Netizen Korea Ungkapkan Alasan di Balik Banyaknya Grup K-Pop Baru Nggak Bisa Populer di Korea

foto via allkpop

Baru-baru ini di forum online, netizen Korea sedang membahas masalah baru yang muncul di industri musik saat popularitas K-Pop menyebar secara global.

Seorang netizen memposting alasannya percaya bahwa beberapa grup K-Pop baru nggak bisa populer di Korea. Dia mulai menjelaskan, “grup-grup idol sebelumnya yang mendapatkan popularitas di luar negeri pertama kali mendapatkan popularitas mereka di Korea terlebih dahulu. Grup bertujuan untuk mendapatkan peringkat atas di tangga musik karena mereka fokus pada produksi lagu yang dicintai oleh masyarakat umum.”

Netizen tersebut bahkan mengklaim bahwa boy group seperti BTS yang sukses di Amerika sudah memiliki fandom yang kuat di Korea dan memiliki lagu-lagu yang disukai masyarakat.

Namun, grup idol yang debut selama beberapa tahun terakhir mulai menyasar pasar luar negeri saja dan nggak peduli dengan popularitas mereka di Korea. Netizen itu mengkritik, “Karena grup idol berfokus pada pasar luar negeri, tentu saja, mereka akan mendapatkan pengakuan di negara lain. Tetapi mereka nggak dikenal di Korea. Selain itu, para fans mereka akan marah jika seseorang mengatakan bahwa grup tersebut nggak populer di Korea dan fans dengan cepat menjawab bahwa mereka populer di luar negeri, tapi orang Korea nggak peduli dengan popularitas luar negeri kecuali mereka masuk dalam chart (Billboard) HOT 100.”

Netizen tersebut juga menunjukkan bahwa meskipun beberapa grup K-Pop diakui di luar negeri, mereka nggak cukup populer untuk menjadi arus utama dan sebagian besar grup itu nggak dikenal di Korea. Jadi secara keseluruhan, ada banyak grup yang terbentuk berada di jalan tengah, nggak populer di luar negeri maupun di Korea.

Itulah yang menyebabkan banyak netizen Korea kehilangan minat pada grup K-Pop, sehingga ada banyak grup idol yang nggak populer di Korea. Grup-grup tersebut juga nggak masuk tangga lagu dengan baik di tangga musik Korea karena nggak banyak orang yang mendengarkan lagu mereka.

Netizen Korea lainnya bergabung dalam percakapan dan menyetujui postingan tersebut. Mereka berkomentar, “Ini juga menjadi masalah jika satu konsep menjadi populer, semua grup idol lainnya muncul dengan konsep yang sama,” “Lebih dari itu fakta bahwa lebih banyak grup idol pria yang mengalaminya,” “Sejujurnya, EXO, BTS, Seventeen, BTOB, Winner, dan grup populer lainnya menjadi populer di Korea terlebih dahulu dan memiliki basis penggemar yang kuat di Korea, kemudian mereka mendapatkan popularitas di luar negeri. Tapi sekarang nggak lagi ada grup yang memberi pengaruh besar, menurutku,” dan “ya BTS memiliki basis penggemar yang kuat di Korea terlebih dahulu dan mereka sudah mendapatkan Daesang pada tahun 2016 sebelum menjadi terkenal di Amerika. Mereka sudah dikenal karena musiknya dan memiliki lagu yang dikenal orang.”

Bagaimana menurutku tentang hal ini?

Sumber: (1)

Comments

Loading...