OUR NETWORK
Sabtu, Februari 22, 2020
OUR NETWORK

Parasite Berhasil Dapatkan Oscar, Ini Kisah Bong Joon Ho Saat Awali Karier Sebagai Sutradara

foto via MBC

Pada 10 Februari, dalam rangka peringatan “Parasite” yang berhasil membawa pulang empat nominasi di 92th Academy Awards, MBC menayangkan kembali episode khusus tentang sutradara Bong Joon Ho, di mana ia berbicara tentang permulaannya sebagai sutradara.

Dia berkata, “Saya melihat banyak film asing yang ditayangkan di televisi. Saya terobsesi dengan mereka. Pada Jumat malam, saluran militer Amerika menayangkan banyak film erotis atau kekerasan. Dan di akhir pekan, saya menonton semua film klasik [yang ditayangkan di TV]. ”

“Saya ingin belajar tentang film, jadi saya banyak belajar. Saya akan menonton film yang sama puluhan kali dan mempelajarinya. ”

Sang sutradara mengatakan bahwa ketika dia berada di klub film di sekolah, dia menjual donat di toko sekolah selama enam bulan sehingga dia bisa membeli kamera. Dia berkata, “Saya ingat memegang kamera itu ketika saya tidur.”

foto via MBC

Pada tahun 1994, Bong Joon Ho membuat film “White Man.” Sutradara berkata, “Saya tidak punya pengalaman, jadi tidak ada aktor yang mengenal saya. Salah satu teman saya bergabung dengan perusahaan bernama Yeon Woo Stage. Teman itu memperkenalkan saya pada seorang aktor bernama Kim Roe Ha. Untuk biaya penampilannya, semua yang saya berikan kepadanya adalah voucher untuk membeli kemeja. “Aktor Kim Roe Ha, yang juga muncul di MBC spesial, berkata, “Itu benar. Saya membeli baju dengan kartu voucher. Saya terkejut dia masih mengingatnya.”

foto via MBC

Bong Joon Ho kemudian memasuki Akademi Seni Film Korea dan menyerahkan film pendek “Incoherence” sebagai proyek kelulusannya. Sutradara Park Chan Wook, yang melihat proyek kelulusannya itu mengatakan, “Saya pertama kali mengetahui tentang sutradara Bong Joon Ho melalui film kelulusannya. Itu adalah film berjudul ‘Incoherence,’ yang menggambarkan kemunafikan pemimpin masyarakat. Itu sangat segar, out of the box, dan kreatif, dan itu mengejutkan saya. Saya belum pernah melihat film pendek yang luar biasa dari Korea sebelumnya. Jadi saya langsung bertanya siapa yang membuat filmnya, dan saya memanggilnya.”

foto via MBC

Pada tayangan di MBC tersebut, Sang Sutradara menyampaikan perasaannya setelah mendapat banyak penghargaan untuk film Parasite. Ia berkata, “Selama satu setengah bulan terakhir, di musim penghargaan ini, saya telah menghadiri begitu banyak upacara penghargaan, dan saya pikir saya telah memberikan 20, bahkan mungkin 30 pidato. Sekarang, pada akhirnya, bahan pidato saya sudah habbis, dan saya mencapai situasi di mana saya bahkan mulai berbicara tentang alkohol.”

Sumber: (1)

Comments

Loading...