Senin, Desember 5, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

Review AKMU “Next Episode”: Album Kolaborasi Bertabur Bintang

Akdong Musician atau AKMU merilis extended play atau EP kedua “Next Episode” pada akhir bulan Juli kemarin. Album kolaborasi ini menjadi rilisan terbaru duo bersaudara setelah “Sailing” di tahun 2019. AKMU “Next Episode” terdiri atas 7 track, masing-masing featuring artis serta musisi berbeda.

AKMU “Next Episode” tak bisa disangkal merupakan salah satu rilisan paling ditunggu di tahun 2021. Tidak saja EP ini akan menjadi album terbaru AKMU sejak 2019. Melainkan juga hadirnya sederet musisi, artis, hingga produser sebagai featuring.

“Next Episode” ditasbihkan sebagai album kolaborasi. Tidak lain karena duo Lee Chan Hyuk dan Lee Suhyun ini menggandeng artis-artis berbeda di masing-masing track. Tak tanggung-tanggung, musisi kenamaan seperti IU, Crush, hingga Zion.T dan Sam Kim turut berpartisipasi.

Tracklist “Next Episode”

  1. Hey Kid, Close Your Eyes (Feat. Lee Sun Hee)
  2. Nakka (Feat. IU)
  3. Bench (Feat. Zion.T)
  4. Tictoc Tictoc Tictoc (Feat. Beenzino)
  5. Next Episode (Feat. Choi Jung-hoon)
  6. Stupid Love Song (Feat. Crush)
  7. Everest (Feat. Sam Kim)

Seperti rilisan sebelumnya, album EP terbaru AKMU “Next Episode” sebagian besar digarap oleh sang member, Lee Chan Hyuk. Millennium, produser muda andalan YG Entertainment pun berpartisipasi dalam menulis beberapa track.

Album dibuka dengan track “Hey Kid, Close Your Eyes”. Pre-released single ini hadir dengan video musik bertema kelam, yang sejalan dengan tema lagu tersebut sendiri. “Hey Kid, Close Your Eyes” mengangkat tentang makna kehidupan yang hampir mirip dengan peperangan.

Lagu ini menghadirkan harmonisasi vokal mengagumkan antara Lee Suhyun dan Lee Sun Hee. Keduanya menunjukan vokalisasi terbaik dengan iringan musik di latar belakang yang tak kalah apik.

Genre electro pop, dengan permainan dari instrumen drum menjadi highlight untuk title track “NAKKA.” Seperti juga track pembuka “Hey Kid, Close Your Eyes”, AKMU pun masih menggunakan layered synth pada produksi. Hingga menghasilkan lagu yang terdengar hidup dan berkarakter kuat.

Sumbangan vokal dari IU pun menjadi nilai plus lain. Selain warna suara khas dari duo bersaudara AKMU.

Album AKMU “Next Episode” menghadirkan sederet vokalis terbaik di industri musik Korea Selatan. Zion.T merupakan salah satunya. Warna vokal R&B sang soloist ternama semakin bersinar dengan iringan musik berirama R&B 80an.

“Bench” mengusung nada-nada gitar riff apik. Di lagu ini, kemampuan vokal serta warna suara dari Zion.T berbaur dengan begitu apik dengan duo AKMU. Bila dibandingkan dengan sederet track lain, “Bench” menjadi salah satu lagu dengan vokal terbaik di album ini.

Beenzino dan musik jazz mungkin bukan perpaduan yang biasa didengar. Namun AKMU justru memadukan sang rapper hiphop dengan nada-nada jazz dalam “Tictoc Tictoc Tictoc.” 

Irama synth ditambah permainan apik dari instrumen bass membuat lagu ini terdengar begitu smooth. Beenzino pun seakan dapat berbaur sempurna dengan vokal khas Lee Suhyun. 

Hadirnya Choi Jung Hoon dari band JANNABI memberikan sentuhan rock dalam “Next Episode.” Lagu dengan irama rock ballad ini menjadi salah satu track paling menarik. Terutama adanya efek distorsi pada vokal Lee Chan Hyuk. Memberikan sentuhan tersendiri yang tak terduga.

AKMU dan Crush menghadirkan kolaborasi tak tertandingi di “Stupid Love Song.” Lagu pop ballad ini memiliki musik instrumen menarik di latar belakang. Ditambah dengan soulful vibe dari Crush dan harmonisasi apik dua bersaudara AKMU.

Sam Kim menjadi kolaborator untuk track terakhir, “Everest.” Track akustik ballad ini terdengar intense dengan perpaduan vokal Sam Kim, Lee Suhyun dan Lee Chan Hyuk. Ketiganya seakan berpadu dan melahirkan track akustik bernada manis. 

Album AKMU “Next Level” menghadirkan kolaborasi bintang yang sama sekali tak mengecewakan.

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert