OUR NETWORK
Senin, September 16, 2019
OUR NETWORK

Sudah Nonton? 7 Film Korea yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Korea besutan sutradara ternama Bong Joon Ho ini mengangkat kisah pembunuhan paling terkenal dalam sejarah Korea Selatan.

Hwaseong Serial Murders menjadi perkara pembunuhan berantai di Korea Selatan dengan modus operandi yang terstruktur baik. Bahkan bisa dibandingkan dengan Zodiac Killer dari Amerika.

Pembunuhan berantai ini bermula dari pria misterius yang melakukan 10 pemerkosaan dan pembunuhan pada September 15, 1986 sampai April 3, 1991. Walau pun sampai akhir tidak diketahui sosok pembunuh berantai tersebut, film Korea “Memories of Murder” cukup dapat menghadirkan kengerian dan ketegangan atas kasus kriminal terbesar ini.

5. “The Case of Itaewon Homicide”

“The Case of Itaewon Homicide” mengangkat kisah pembunuhan seorang remaja di Itaewon. Tepatnya di sebuah restauran cepat saji saat terjadi pesta. Pembunuhan terjadi pada 22 April 1997, saat seorang mahasiswa dari Hongik University berumur 22 tahun ditemukan tertusuk pisau di toilet.

Penyelidikan mengarah pada Arthur Peterson dan temannya, Edward Lee yang saat itu berumur 18 tahun. Meskipun pada akhirnya Peterson dijatuhi hukuman penjara 20 tahun, motif pembunuhan masih tak diketahui.

6. “A Taxi Driver”

Film Korea “A Taxi Driver” menggunakan pendekatan lain dalam menceritakan tragedi Gwangju Massacre pada 1980. Dibintangi oleh Song Kang Ho, film ini menceritakan tentang dua orang yang tak berkaitan dengan kejadian tersebut namun menjadi saksi mata. Mereka pun berusaha melaporkan kepada dunia mengenai apa yang sudah mereka saksikan.

Gwangju Massacre pada 1980 merupakan kejadian pertumpahan darah saat aksi protes damai mahasiswa dari Chonnam University. Dilaporkan tak kurang dari 606 orang tewas dalam kejadian tersebut setelah ditembak, dipukuli sampai diperkosa oleh militer.

Comments

Loading...