OUR NETWORK
Jumat, April 27, 2018
OUR NETWORK

Bagaimana Sebuah Soundtrack Drama Korea Bisa Mempengaruhi Pikiran Kita?

Secara alamiah, sudah terbukti bahwa musik bisa mempengaruhi pikiran, mood, dan juga emosi kita. Coba aja dengerin musik rock pagi-pagi, biasanya kamu akan lebih semangat karena beat-nya yang cepat. Atau coba dengarkan lagu mellow ketika kamu habis putus, menurut penelitian ilmuwan dari University of Missouri, lagu mellow bisa bikin kamu sedih tersedu-sedu.

Tapi ada yang beda kalau kita dengerin soundtrack drama Korea. Tiap lagu dari drama yang berbeda, bisa ngasih emosi yang berbeda juga. Meski beat-nya cepet, tapi dramanya drama mellow, bisa jadi efek yang menyentuh kita adalah kesedihan. Begitu juga sebaliknya, meski beat-nya pelan tapi dramanya bikin kita bahagia, maka perasaan yang kita dapat adalah… happiness.

Ada beberapa faktor yang bikin sebuah soundtrack bisa punya efek berbeda sama emosi kita. Yang pertama, jenis drama. Jenis apapun lagunya, biasanya drama juga lah yang akan mempengaruhi perasaan kita. Mari kita ambil contoh lagu Beautiful dari Crush yang merupakan original soundtrack drama Goblin. Lagu ini sebenarnya lagu sendu dan temponya pelan. Tapi karena lagu ini muncul saat momen-momen bahagia (yaitu saat Si Goblin jatuh cinta pada Ji Eun Tak di episode 4), jadinya kita selalu senang mendengar lagu ini.

Yang kedua, ending drama atau efek drama. Ending drama yang indah, akan bikin soundtrack yang kita denger jadi indah juga. Kalau ending drama yang kita tonton nyebelin, biasanya kita juga jadi kesel saat dengerin soundtrack-nya. Dari sini jelas bahwa mood drama juga mempengaruhi mood si lagu pada pikiran kita.

Comments

Loading...