Secara alamiah, sudah terbukti bahwa musik bisa mempengaruhi pikiran, mood, dan juga emosi kita. Coba aja dengerin musik rock pagi-pagi, biasanya kamu akan lebih semangat karena beat-nya yang cepat. Atau coba dengarkan lagu mellow ketika kamu habis putus, menurut penelitian ilmuwan dari University of Missouri, lagu mellow bisa bikin kamu sedih tersedu-sedu.

Tapi ada yang beda kalau kita dengerin soundtrack drama Korea. Tiap lagu dari drama yang berbeda, bisa ngasih emosi yang berbeda juga. Meski beat-nya cepet, tapi dramanya drama mellow, bisa jadi efek yang menyentuh kita adalah kesedihan. Begitu juga sebaliknya, meski beat-nya pelan tapi dramanya bikin kita bahagia, maka perasaan yang kita dapat adalah… happiness.

Ada beberapa faktor yang bikin sebuah soundtrack bisa punya efek berbeda sama emosi kita. Yang pertama, jenis drama. Jenis apapun lagunya, biasanya drama juga lah yang akan mempengaruhi perasaan kita. Mari kita ambil contoh lagu Beautiful dari Crush yang merupakan original soundtrack drama Goblin. Lagu ini sebenarnya lagu sendu dan temponya pelan. Tapi karena lagu ini muncul saat momen-momen bahagia (yaitu saat Si Goblin jatuh cinta pada Ji Eun Tak di episode 4), jadinya kita selalu senang mendengar lagu ini.

Yang kedua, ending drama atau efek drama. Ending drama yang indah, akan bikin soundtrack yang kita denger jadi indah juga. Kalau ending drama yang kita tonton nyebelin, biasanya kita juga jadi kesel saat dengerin soundtrack-nya. Dari sini jelas bahwa mood drama juga mempengaruhi mood si lagu pada pikiran kita.

Faktor yang ketiga, dalam soundtrack ada jiwa dari dramanya. Kalau kita lihat faktor nomor dua, kenapa sebuah soundtrack juga bisa mempengaruhi emosi kita adalah karena ada jiwa drama dalam lagunya. Kita mungkin membayangkan kalau drama Descendants of the Sun itu drama yang bikin bahagia, makanya kita suka happy saat denger lagu Everytime dari Chen featuring Punch. Kita juga jadi bahagia saat dengerin lagu All for You Eun Ji feat In Guk karena drama Reply 1997 berakhir dengan sangat bahagia.

So, itulah kenapa kita suka baper kalau dengerin soundtrack drama Korea. Lagu yang kita denger diperkuat dengan pengalaman kita saat menonton drama Korea.

Nah, lagu OST apa yang kamu suka? Share dong di kolom komen!

BAGIKAN
Adhie Fahmi
Adhie Fahmi atau lebih dikenal dengan nama Lee Min Ho ini, sering banget ngomongin K-Pop. Adhie mencurahkan isi kepalanya di inikpop.com dan di adhiefahmi.blogspot.com. Kegagalannya menjadi penyanyi membuat dia cuma bisa berdendang di soundcloud.com/adhiefahmi