OUR NETWORK
Jumat, September 20, 2019
OUR NETWORK

10 Fakta Hanbok yang Harus Kamu Tahu!

Hanbok adalah pakaian khas dari Korea. Hanbok biasanya muncul di drama-drama Korea zaman baheula alias saeguk. Karena sering muncul di drama Korea, kita jadi pengen difoto pakai hanbok. Bener gak sih? Nah, sebelum memakai hanbok, simak dulu nih fakta hanbok yang harus kamu ketahui!

Arti kata Hanbok

Hanbok terdiri dari dua kata. Han dan bok. Han artinya Korea, dan bok artinya baju. Jadi hanbok artinya baju Korea. Tapi apakah baju yang dipakai GD juga disebut hanbok? Tentu tidak. Karena hanbok adalah baju Korea yang sangat khas dan lekat dengan budaya Korea dari zaman dahulu.

Dulu, hanbok adalah pakaian sehari-hari

Zaman sekarang, hanbok hanya dipakai pada acara besar saja. Padahal dulu, hanbok adalah pakaian sehari-hari. Tidak, tidak, hanbok nggak digunakan saat tidur juga. Hanbok hanya digunakan saat beraktivitas sehari-hari saja.

Hanbok dipakai semua kalangan

Hanbok bukanlah pakaian khusus bagi orang kaisar atau borjuis. Justru, hanbok adalah pakaian yang dipakai oleh semua kalangan. Mulai dari petani, peternak, pedagang, sampai raja pun semuanya menggunakan hanbok.

Yang membedakan adalah bahan hanboknya

Bagi kalangan menengah ke atas, bahan dasar hanbok yang digunakan adalah bahan yang ringan seperti sutera. Sedangkan kalangan bawah, hanya boleh menggunakan kain berkualitas rendah, biasanya yang dipakai adalah bahan katun.

Warna juga membedakan

Kalangan menengah atas, boleh memakai warna hanbok apapu. Biasanya warna cerah digunakan oleh anak muda. Sedangkan bagi kalangan bawah, hanya dibolehkan menggunakan hanbok warna putih dan warna-warna pucat jika ada acara besar atau peringatan tertentu.

Warna juga menunjukkan status

Cuma wanita yang memiliki anak laki-laki yang boleh memakai warna biru tua, sedangkan wanita yang sudah memiliki suami boleh mengenakan warna ungu. Dalam acara-acara tertentu, wanita yang masih gadis hanya boleh memakai perpaduan warna kuning dan merah pada hanboknya. Sedangkan yang sudah menikah bisa memadukan antara merah dan hijau

Anatomi hanbok

Urutan dalam hanbok bisa dibagi menjadi bagian bahu, lengan, dan dada yang disebut jeogori. Sedangkan bagian roknya disebut chima. Bagian roknya biasanya sangat longgar.

Hanbok tidak punya saku

Hanbok adalah baju yang tidak punya saku. Meski biasanya seorang wanita memasukan tangannya ke dalam sebuah kantong, ternyata bukan. Seorang wanita hanya menyimpan tangannya di balik bajunya.

Hanbok yang sekarang beda dengan zaman dahulu

Kalau chingu suka melihat artis Korea pakai hanbok, sebenarnya itu bukan bentuk yang sama dengan zaman dahulu. Soalnya hanbok zaman dulu itu lebih besar dan longgar. Sedangkan yang biasa dipakai artis Korea lebih ngepas dengan tubuh artisnya.

Ukuran hanbok memiliki arti

Lengan baju hanbok yang terbuka adalah bentuk kehangatan masyarakat Korea. Sedangkan bagian rok yang longgar dan panjang adalah simbol kebebasan dan kemerdekaan bangsa Korea.

Baca juga: Fakta-Fakta Soal Soju yang Harus Kamu Tahu

Comments

Loading...