Rabu, Juli 6, 2022
Geomedia - JFK 2022

Latest Posts

10 K-Pop B-Side Track Terbaik 2021 Berdasarkan Genius Korea

K-pop b-side track terbaik 2021 akhirnya dirilis oleh Genius Korea. Daftar ini dikumpulkan dari topik yang paling banyak diperbincangkan dalam forum mereka. Menariknya, beberapa b-side track dari daftar ini sama sekali tidak terduga.

Forum publik Genius Korea memiliki komunitas penggemar K-pop yang secara aktif mendiskusikan berbagai topik. Salah satu topik diskusinya merupakan tentang K-pop b-side track terbaik 2021.

Setiap bulannya, sederet artis dan group K-pop merilis full studio maupun mini album. Selain title track yang dipromosikan, masih ada b-side track yang tidak kalah apik. Berikut ini merupakan 10 K-pop b-side track terbaik 2021 menurut Genius Korea.

10. “Runaway” – EXO

Musikalitas EXO sudah tidak perlu diragukan lagi. “Runaway” merupakan salah satu b-side track dari album ‘Don’t Fight The Feeling’ yang sudah lama dinanti-nantikan. Dikutip dari Genius Korea, lagu ini memperlihatkan kemampuan dan keunikan vokal masing-masing member EXO. Selain juga dengan harmonisasi serta adlib apik.

9. “Daydream” – B.I (ft. Lee Hi)

Kolaborasi antara B.I dan Lee Hi seakan menjadi jaminan sebuah lagu berkualitas. “Daydream” merupakan salah satu buktinya.

Lagu ini menjadi bagian dari debut B.I sebagai soloist dalam album ‘Waterfall.’ Hadirnya Lee Hi pada chorus melengkapi verse B.I yang lebih emosional.

8. “The Realist” – ONF

Bukan hanya penggemar, ONF pun rupanya menyadari keapikan b-side dari album ‘ONF: My Name’ ini. Terbukti, lagu apik yang seakan membawa pendengarnya masuk ke dunia mimpi paralel tersebut juga dibawakan oleh ONF di berbagai acara musik.

7. “Baby Blue Love” – TWICE

Bukan hanya title tracknya saja yang adiktif, sederet b-side track di album ‘Taste of Love’ tidak kalah membuat pendengar terpukau. Synth dan instrumen drum yang digunakan untuk mengiringi TWICE di lagu ini memberikan sentuhan apik tersendiri.

6. “Fever” – ENHYPEN

Dari setiap rilisannya, ENHYPEN membuktikan mereka siap menyuguhkan musikalitas terbaik untuk generasi keempat K-pop. Walau bukan title track untuk album ‘Border: Carnival,’ “Fever” justru sangat populer.

Popularitas viral ini tentu saja berkat kualitas apik dari lagu tersebut. Hingga membawa “Fever” duduk di Billboard World Digital Song Sales selama dua minggu!

5. “GAM3 BO1” – SEVENTEEN

Lagu yang dibawakan oleh hip hop unit SEVENTEEN (S.Coups, Wonwoo, Mingyu, dan Vernon) ini menarik perhatian berkat keunikannya. SEVENTEEN tidak sekedar mengusung konsep retro untuk b-side track di album ‘Your Choice.’ Namun secara keseluruhan menghadirkan kesan konsol game lawas dengan berbagai efek glitch-nya.

4. “Hey Kid, Close Your Eyes” – Akdong Musician (ft. Lee Sunhee)

‘Next Episode’ menjadi salah satu rilisan album terbaik tahun ini. Hingga tidak heran bila b-side yang dibawakan bersama Lee Sunhee ini menempati peringkat cukup tinggi di daftar Genius Korea.

Akdong Musician menghadirkan aransemen ala indi-rock band di tahun 80an untuk lagu ini. Selain itu “Hey Kid, Close Your Eyes” mengusung tema yang tidak kalah mendalam.

3. “End of the World” – Epik High (ft. G.Soul)

Kualitas musik Epik High tidak perlu diragukan lagi. Terlebih untuk b-side dari album ‘Epik High Is Here 上’ ini menggandeng penyanyi dengan suara soulful nan khas, G.Soul.

Iringan gitar akustik di latar belakang memberikan spotlight untuk vokal dari G.Soul serta verse rap milik Tablo.

2. “Anti-Romantic” – TXT

Satu lagi b-side track yang berakhir menjadi viral. Lagu yang merupakan b-side dari album ‘The Chaos Chapter: Freeze’ ini menyuguhkan perpaduan vokal dan harmonisasi apik dari TXT. Lirik yang berbicara mengenai hilangnya harapan untuk cinta juga menjadi tema unik bagi group generasi keempat K-pop.

1. “Take Me Home” – ATEEZ

B-side dari ATEEZ ini menempati posisi pertama! Lagu ini merupakan salah satu yang terbaik, dari sederet rilisan apik di album ‘ZERO: FEVER Part.2’. City-pop sound dengan elemen synth-pop berpadu manis dengan musikalitas khas dari ATEEZ. Sama sekali tidak salah bila lagu catchy nan adiktif ini berada di peringkat pertama!

 

Source: (1)

Latest Posts

Don't Miss