OUR NETWORK
Sabtu, Maret 6, 2021
OUR NETWORK

9 Grup Kpop Ikonik yang Debut di Tahun 2009 (Part 1)

2009 memang merupakan tahun yang penting untuk K-pop karena merupakan tahun debut dari sejumlah grup Kpop besar. Dan bagi kita yang telah menjadi Kpopers sejak era itu, hanya membaca nama-nama grup dan lagu ini mungkin akan membangkitkan rasa nostalgia yang kuat. Sayangnya, sebagian besar grup Kpop yang debut tahun 2009 tersebut telah bubar atau hiatus. Berikut sembilan grup K-pop yang memulai debutnya 10 tahun yang lalu, sesuai urutan debut mereka:

After School

Member Saat Ini: Raina, Nana, E-Young, Ga Eun; (Mantan: So Young, Bekah, Kahi, Lee Joo Yeon, Jung Ah, Uee, Lizzy)

Tanggal debut: 17 Januari

Debut single: “AH!”

Label: Pledis Entertainment

Status: Hiatus sejak 2015

After School awalnya memulai debutnya dengan lima member dan sejak itu mereka membentuk konsep “kelulusan”, di mana member ditambahkan dan juga “lulus” secara teratur. Grup ini secara konsisten merilis lagu-lagu ngehits, termasuk “Diva,” “Bang!” dan “Because of You”. Menyatakan bahwa grup AS The Pussycat Dolls sebagai salah satu idola mereka, After School pun menjadi grup pembuka untuk mereka selama tur Asia The Pussycat Dolls.

After School belum merilis musik baru atau melakukan promosi grup apa pun sejak 2015, sehingga para member semuanya melakukan kegiatan solo, sebagai penyanyi maupun aktris.

2NE1

Member: Bom, CL, Dara, Minzy

Tanggal debut: 17 Mei

Debut single: “Fire”

Label: YG Entertainment

Status: Secara resmi dibubarkan pada November 2016

Sering disebut sebagai ratunya Kpop, 2NE1 mengumpulkan banyak perhatian sejak mereka debut tahun 2009 dengan konsep berani dan edgy (dan gaya rambut mereka). Seperti grup K-pop sukses lainnya, 2NE1 juga besar di Jepang, tapi yang lebih penting, mereka juga berhasil masuk ke pasar A.S. Mereka telah bekerja sama dengan Will.I.Am Black Eyed Peas, serta muncul di “The Bachelor” dan “America’s Next Top Model.” Single mereka nggak hanya terus berada di No 1 di tangga lagu Gaon, tapi juga masuk Billboard 200. Secara khusus, album studio kedua mereka “Crush” berada pada No. 61 dan menetapkan rekor baru di A.S untuk album K-pop dengan charting tertinggi.

Sayangnya, keberhasilan besar mereka runtuh pada tahun 2014 ketika Bom menghentikan sementara semua kegiatannya. Pada bulan April 2016, diumumkan bahwa Minzy meninggalkan YG Entertainment dan grup dan bahwa 2NE1 akan promosi dengan tiga member sejak saat itu. Namun, pada November 2016, YG Entertainment mengumumkan pembubaran 2NE1, dengan hanya CL dan Dara yang tersisa di agensi.

4Minute

Member: Jihyun, Gayoon, Jiyoon, HyunA, Sohyun

Tanggal debut: 15 Juni

Debut single: “Hot Issue”

Label: Cube Entertainment

Status: Secara resmi dibubarkan pada Juni 2016

Pada saat teaser untuk grup dirilis, 4Minute segera menarik minat besar karena menyertakan mantan member Wonder Girls, HyunA. Single pertama mereka “Hot Issue” yang sukses hanya awal dari karir mereka yang sangat mengesankan. Mereka merilis beberapa lagu hits, termasuk “What’s Your Name?” (No 1 pertama grup di tangga lagu Gaon serta No 1 di Billboard K-pop Hot 100), “Whatcha Doin ‘Today?” (menang melawan 2NE1 dan Girls ‘Generation di “Inkigayo”), dan “Crazy” (debut di No.1 di Billboard World Albums Chart).

Pada Juni 2016, hanya beberapa hari sebelum ulang tahun ketujuh tahun mereka, 4Minute mengumumkan pembubaran mereka di tengah desas-desus tentang negosiasi kontrak yang gagal. Hanya HyunA yang masih bertahan di Cube, sementara empat member lainnya keluar ketika kontrak mereka berakhir.

Baca: PART 2

Comments

Loading...