OUR NETWORK

9 Grup Kpop Ikonik yang Debut di Tahun 2009 (Part 2)

T-ARA

Member: Qri, Eunjung, Hyomin, dan Jiyeon; (Mantan: Hwayoung, Areum, Boram, dan Soyeon)

Tanggal debut: 29 Juli

Debut single: “Lie”

Label: Core Contents Media (Sekarang dikenal sebagai MBK Entertainment)

Status: Hiatus

T-ara membuat Asia terpesona dengan lagu-lagu awal mereka. “Bo Peep Bo Peep,” dari album studio pertamanya (dirilis empat bulan setelah debut mereka), berhasil memenangkan “Triple Crown” di “Inkigayo.” Versi Jepang dari lagu tersebut, yang dirilis kemudian dalam karir mereka , memuncak di No 1 di Oricon chart, menjadikan mereka grup gadis non-Jepang pertama yang melakukannya untuk debut single. “Roly-Poly” adalah hit besar lainnya dan menjadi salah satu single terlaris pada tahun 2011 dan dianugerahi Record of the Year (Digital) di Seoul Music Awards.

Pada 2010 dan 2012, Hwayoung dan Areum masing-masing ditambahkan ke daftar. Namun, tak lama setelah penambahan Areum, T-ara tersapu dalam kontroversi, dan Core Contents Media segera mengumumkan keluarnya Hwayoung. Pada pertengahan 2013, Areum keluar dari grup karena masalah kesehatan, sedangkan Soyeon dan Boram keluar pada 2017 setelah kontrak mereka berakhir. Pada tahun 2017, setelah Soyeon dan Boram keluar, T-ara merilis EP kesembilan mereka, “What’s My Name,” sebagai kuintet. Pada tahun 2018, Eunjung, Hyomin, Jiyeon, dan Qri memilih untuk nggal memperpanjang kontrak mereka dengan MBK Entertainment, sehingga meninggalkan agensi.

F(x)

Member: Victoria, Amber, Luna, Krystal; (Mantan: Sulli)

Tanggal Debut: 5 September

Debut Single: “LA chA TA”

Label: SM Entertainment

Status: Hiatus sejak 2016

f(x) secara resmi memulai debutnya dengan “LA chA TA” dan sejak itu telah merilis musik yang lebih eksperimental dan berbasis elektropop. Keberhasilan kuat mereka dengan EP kedua mereka, “Electric Shock,” juga membuat mereka diundang untuk tampil di SXSW di Amerika Serikat, menjadikan mereka grup K-pop pertama yang melakukannya. Album studio kedua mereka, “Pink Tape,” juga satu-satunya album Korea yang masuk dalam daftar Album Terbaik Fuse 2013.

Pada tahun 2014, setelah mereka merilis album studio ketiga mereka “Red Light,” diumumkan bahwa Sulli akan hiatus dari promosi untuk fokus pada kesehatannya. Namun, ia akhirnya keluar secara resmi pada tahun 2015. Berpromosi sebagai kuartet, f(x) kemudian merilis “4 Walls,” album studio keempat mereka, yang menduduki puncak Billboard World Albums Chart. Meskipun belum dinyatakan bubar, mereka belum merilis musik baru setelah merilis single “All Mine” melalui SM Station pada pertengahan 2016.

Secret

Member: Jung Hana, Jung Hyosung, Song Ji Eun, Han Sunhwa

Tanggal Debut: 13 Oktober

Debut Single: “I Want You Back”

Label: TS Entertainment

Status: Belum resmi dibubarkan

Debut Secret agak hilang dalam bayang-bayang girlgroup hits lainnya pada saat itu. Hingga pada tahun 2010, ketika mereka secara halus mulai mengadopsi imej retro, mereka berhasil menemukan warna dan ceruk mereka sendiri. Rilisan digital kedua mereka, “Magic,” berhasil merebut perhatian publik, seperti halnya lagu “Madonna,” yang mencapai No 1 di tangga lagu Gaon dan tetap menjadi salah satu lagu paling terkenal mereka. Dengan dua keberhasilan berturut-turut ini, Secret berhasil memenangkan New Artist Award di Golden Disk Awards 2010. 2011 “Starlight Moonlight” juga merupakan salah satu lagu hits mereka dan salah menjadi satu single terlaris mereka hingga saat ini.

Pada September 2016, diumumkan Sunhwa meninggalkan grup karena dia telah memutuskan untuk nggak memperpanjang kontraknya dengan TS Entertainment. Meski menyatakan bahwa Secret akan berlanjut dengan tiga member, mereka belum melakukan promosi sejak saat itu (rilisan resmi terakhir grup adalah pada tahun 2014). Pada bulan Februari 2018, diumumkan bahwa Hyosung dan Jieun telah meninggalkan TS Entertainment dan bahwa mereka berada dalam perselisihan hukum dengan label mengenai masalah kontrak dan pembayaran.

Baca: PART 3

Comments

Loading...