OUR NETWORK
Sabtu, Agustus 18, 2018
OUR NETWORK

Etika Sebelum Pamit Pulang, Ucapkan 7 Kalimat Ini!

etika sopan santun di Korea

Etika sopan santun di Korea bisa dibilang dijunjung tinggi. Naik subway, ada aturannya sendiri. Makan apalagi, nggak bisa asal comot deh karena ada aturannya juga. Nah, satu lagi etika yang nggak boleh sampai kelupaan, yaitu ketika berpamitan pulang.

Orang Korea selalu mengucapkan beberapa kalimat wajib ini. Supaya nggak dicap sebagai orang kurang sopan, jangan lupa ucapkan kata-kata ini sebelum pergi saat di Korea ya.

안년히 계세요(an-nyeong-hi gye-se-yo)

etika sopan santun di KoreaKalimat ini diucapkan oleh orang yang pergi ya. Kalimat ini adalah kalimat yang mengandung doa baik. Kalau dibahasa Indonesiain, kurang lebih kayak gini, “Dadah, sehat terus ya!”

조심해서 가세요(jo-sim-hae-seo ga-se-yo)

etika sopan santun di KoreaKalau dipamitin sama orang lain, jangan lupa beri ucapan perpisahan ini. Artinya nggak beda jauh sama Titi DJ. Atau, “Hati-hati di jalan!” Kekeke.

잘 가세요(jal ga-se-yo)

etika sopan santun di KoreaAda juga kalimat lain yang bisa diucapkan buat salam perpisahan yang manis. Ya ini. Kurang lebih artinya, “Dadah, sampai jumpa!”

다음에 봐요(da-eum-e bwa-yo)

etika sopan santun di KoreaNggak lengkap rasanya kalau berpamitan tapi nggak bilang “See you later.” Nah, ungkapan ini artinya sama nih kayak, “Ketemu lagi ya nanti!”

나중에 봐요(na-jung-ae bwa-yo)

etika sopan santun di KoreaNggak beda jauh sama kalimat sebelumnya, kalimat ini juga bisa diucapkan kalau kamu dan orang lain itu berharap bisa bertemu lagi. Artinya sama seperti, “Ketemu lagi ya nanti. Annyeong!”

좋은 하루 되세요(joh-en ha-ru doe-se-yo)

etika sopan santun di KoreaNggak ada salahnya mendoakan dan mengharapkan orang yang sudah kita temui dengan hal yang baik-baik. Ucapkan saja kalimat ini. Artinya kurang lebih seperti ini, “Semoga harimu menyenangkan!” Bikin seneng yang denger juga, ‘kan.

잘 다녀오세요(jal danyeooseyo)

etika sopan santun di KoreaMau versi lain untuk bilang “Have a good day!”? ucapkan saja kalimat ini. Simple kok cuma terdiri dari 6 suku kata. Perjalanan pulang jadi terasa lebih lega karena dapet doa baik kayak gini.

Baca juga: 9 Buku yang Jadi Terkenal Gara-Gara Idol Kpop

Nah itu dia etika sopan santun di Korea saat kita hendak berpamitan. Kalau ke Korea, hafalkan ya gengs.

Comments

Loading...