Minggu, Desember 4, 2022
From Korea With Love Concert

Latest Posts

Ini Dia Tata Cara Makan yang Baik dan Benar di Korea, Apa Aja Ya?

Sama seperti di berbagai belahan dunia manapun, Korea juga memliki tata cara dan etika tersendiri ketika melangsungkan prosesi makan.

Jika suatu saat chingu berencana pergi ke Korea, maka chingu harus memperhatikan bagaimana etika saat mereka sedang berada di meja makan, jangan sampai chingu dicap kasar dan tidak sopan sama mereka loh. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan hindari ketika chingu sedang makan di Korea, apa saja? Yuk kita cek sama-sama~

Sebelum Makan

Satu hal penting yang chingu harus lakukan sebelum memulai makan di Korea adalah menghormati mereka yang lebih tua. Pastikan mereka duduk terlebih dahulu, dan mengambil makanan dan minuman yang pertama.

Setelah itu jangan lupa berterimakasih dengan mengucapkan  Jal-mukae-sumneda (잘먹겠습니다), yang berarti “saya akan makan dengan baik”. Hal ini dilakukan untuk menghormati mereka yang menyuguhkan makanan dan juga orang yang menemani kamu makan.

Saat Sedang Makan

Ada beberapa etika yang harus chingu perhatikan saat sedang makan, beberapa di antaranya adalah:

  • Sebelum makan nasi dan lauk lainnya, pastikan chingu mencicipi sup terlebih dahulu
  • Jangan menaruh terlalu banyak makanan di mangkuk
  • Membagi makanan sangat dianjurkan saat makan di Korea
  • Jangan mencelupkan lauk dua kali
  • Gunakan Sendok saat memakan nasi
  • Jangan mengangkat mangkuk ke dekat mulut
  • Ketika menyerahkan mangkuk atau gelas, pastikan chingu memakai dua tangan
  • Dianggap tidak sopan kalau kita menolak minuman beralkohol, pastikan chingu menerima dan pura-pura meminumnya saja
  • Jangan menambah minuman beralkohol sendiri, pastikan chingu menambah minuman orang lain dan biarkan mereka menambah minumanmu
  • Ketika sudah selesai, pastikan tidak ada yang tersisa di mangkuk dan sendok, kemudian taruh alat makan kamu di tempat awal

Selesai Makan

Pastikan chingu menyelesaikan makanan bersama yang lain, jangan sampai kamu terlalu cepat dan meninggalkan meja duluan. Mengobrol saat makan tidak dilarang kok.

Setelah semuanya beres, baru deh ucapkan Jal-mukeo-sumneda (잘먹었습니다), atau “saya telah makan dengan baik”.

Gimana sudah paham? Mungkin awalnya agak susah buat mengingat semua peraturan ini, tapi kalau chingu berusaha, pasti lama-lama akan terbiasa. Kalau chingu sudah bisa melakukan tata cara di atas, dijamin chingu sudah jadi orang Korea seutuhnya deh!

Sumber: (1)

Latest Posts

Don't Miss

From Korea With Love Concert