OUR NETWORK
Minggu, Januari 17, 2021
OUR NETWORK

Ini Dia Fakta Kerja Paruh Waktu di Drama Korea vs Kehidupan Nyata

Baru-baru ini banyak sekali drama Korea yang menggambarkan bagaimana kehidupan kerja paruh waktu di Korea lewat dramanya, beberapa di antaranya adalah The Package, Revolutionary Love, sampai Strongest Deliveryman. Hmm, tapi apakah realita kerja paruh waktu yang mereka tampilkan sesuai dengan yang terjadi di kehidupan nyata?

Para pekerja paruh waktu atau pekerja sambilan yang dikenal sebagai alba (알바) atau juga arebaite (아르바이트) adalah hal lumrah yang bisa chingu temukan di Korea. Siapa saja yang sudah di atas umur 15 tahun, atau biasanya mahasiswa/mahasiswi, adalah orang-orang yang suka mengambil pekerjaan ini. Selain mendapatkan uang dan juga mengisi waktu, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman dan bisa membangun relasi dengan orang-orang di tempat mereka tinggal.

Banyak sekali jenis kerja paruh waktu di Korea yang bisa ditemukan di sana, mulai dari waiter di restoran atau café, penjaga minimarket, warnet, pom bensin, pengantar makanan, guru les, dan masih banyak lagi. Chingu bisa menemukan banyak lowongan kerja sambilan melalui selembaran ataupun juga lewat situs di Internet, nantinya kalian akan dipanggil untuk menyerahkan CV dan melakukan interview. Setelah cocok dalam menentukan waktu kerja dan gaji, kalian sudah bisa langsung bekerja paruh waktu.

Beberapa waktu lalu, situs kerja Korea Albamon mensurvei 2.623 pekerja paruh waktu tentang bagaimana pekerjaan mereka di kehidupan nyata dibandingkan dengan dalam drama Korea, dan inilah hasinya!

Siapa karakter pekerja paruh waktu yang paling relatable dari drama Korea?

39,3% dari pekerja yang disurvei memilih Yoon Jin Myung (Han Ye Ri) dari drama Age of Youth sebagai karakter yang paling bisa menggambarkan keadaan mereka. Jin Myung yang menjadikan pekerjaan paruh waktu untuk menutupi biaya kuliah dan juga biaya hidup sambil melamar pekerjaan, sangat relatable dengan mereka.

Siapa karakter pekerja paruh waktu yang membuat iri atau paling ingin ditiru?

Karakter yang paling membuat para pekerja paruh waktu iri ternyata adalah Choi Kang Soo (Go Kyung Pyo) dari drama Strongest Deliveryman (25,8%). Melalui kerja keras, Choi Kang Soo berhasil menjadi pengusaha sukses yang mandiri di akhir dramanya. Mereka juga ingin meniru Yoon So So (Lee Yeon Hee) dari The Package (20,2%), yang memulai pekerjaannya sebagai part-timer, lalu menjadi pemandu wisata tetap di Perancis. Baek Joon (Kang So Ra) dari Revolutionary Love (19,1%) mengambil tempat terakhir. Baek Joon adalah wanita kuat yang menolak untuk digaji, meski dia memiliki pengalaman belajar dan pendidikan yang kompetitif.

Karakter pekerja paruh waktu mana yang paling cocok dijadikan partner kerja?

28,4% dari pekerja yang disurvei memilih Baek Joon sebagai partner kerja yang dapat diandalkan. Selain rajin, dia juga sempurna dalam melakukan pekerjaannya.

Apa perbedaan antara pekerjaan paruh waktu di drama dan kehidupan nyata?

Menurut yang disurvei, pemilik usaha tempat bekerja yang tampan, pengertian, muda, dan keren adalah yang realita yang paling tidak realistis (18,8%), diikuti oleh rekan kerja yang ternyata adalah orang kaya yang menyamar (15,2%), selain itu ada juga rekan kerja yang bisa bebas mengatakan apapun yang mereka mau (13,0%), cinta segitiga antar pekerja paruh waktu (12,8%), dan juga seorang dermawan yang tiba-tiba datang dan mengubah kehidupan perkeja paruh waktu (12,5%). Wah, ternyata kalau menurut survei ini hampir kebanyakan yang ada di drama Korea itu tidak nyata ya, hehehe.

Baca juga: Sebelum Terkenal, 7 Selebriti Korea Ini Pernah Lakukan Pekerjaan Paruh Waktu

Nah itu dia realita versus drama Korea soal kerja paruh waktu di Korea. Pada mau nggak nyobain part time job di sana?

Comments

Loading...