OUR NETWORK
Rabu, Februari 20, 2019
OUR NETWORK

Korea Selatan Jadi Negara dengan Tingkat Obesitas Terendah di Dunia, Ini Alasannya!

foto via the korean diet

Kamu pasti suka kagum dan iri dengan postur tubuh artis-artis Korea yang ideal nan sumpurna kan? Memiliki bentuk tubuh ideal di Korea Selatan ternyata bukanlah hal yang aneh dan istimewa, namun jadi hal yang wajar karena menurut sebuah penelitian baru-baru ini, Korea Selatan memiliki tingkat obesitas terendah kedua di dunia! Ya, sebagian besar orang Korea Selatan memang memiliki postur tubuh yang demikian guys, nggak hanya para artisnya aja. Keren kan?

Di antara kamu mungkin pernah mendengar tentang epidemi obesitas atau bahkan tahu bahwa pada tahun 2016, 39% dari populasi dunia dianggap kelebihan berat badan, Korea Selatan selalu memiliki tingkat rendah secara historis yang terus berlanjut sampai saat ini.

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan menemukan bahwa 1 dari 2 orang dewasa dan 1 dari 6 anak-anak mengalami kelebihan berat badan pada tahun 2017, yang berarti bahwa peringkat tersebut bahkan lebih tinggi daripada tahun 2016. Sementara itu, peringkat di Korea Selatan hanya 5,3%. Dibandingkan dengan negara terendah ketiga, Italia pada 9,8%, Korea Selatan memiliki peringkat yang 4,5% lebih rendah.

foto via koreaboo

Satu-satunya negara dengan peringkat yang lebih rendah adalah Jepang dengan 4,2%. Dan itu benar-benar perbedaan yang luar biasa antara Amerika Serikat yang saat ini memiliki rating 40%, tertinggi di antara negara-negara OECD .

Dan meskipun peringkat Korea Selatan diperkirakan akan meningkat lebih cepat daripada negara-negara lain di masa depan, nilai prediksi mereka masih sangat rendah. Pada tahun 2030, Korea Selatan diperkirakan memiliki peringkat 9%, yang mana masih kurang dari Italia saat ini yaitu 9,8%!

foto via koreaboo

Korea Selatan sudah memiliki rencana untuk mempertahankan angka tersebut. Seperti membuat semua makanan ringan dan makanan olahan di sana akan diberi label dengan jumlah monosakarida dan disakarida serta menginformasikan kepada konsumen tentang jumlah total nutrisi dalam setiap paket makanan ringan.

foto via koreaboo

Monosakarida dikenal sebagai gula sederhana dan merupakan unit karbohidrat paling mendasar sementara disakarida adalah golongan gula yang mengandung dua atau lebih residu monosakarida.

Selain itu, apa lagi yang berkontribusi pada angka yang luar biasa rendah ini? Orang Korea dikenal gila fitness dan sangat sadar kesehatan. Makanan tradisional mereka pun memiliki jumlah nutrisi baik yang besar.

Sebut saja Kimchi. Makanan wajib tersebut penuh dengan antioksidan, vitamin A, B, dan C dan memiliki satu ton bakteri probiotik yang sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kimchi bahkan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes serta meningkatkan resistensi terhadap beberapa jenis flu.

foto via koreaboo

Mereka pun juga sangat sadar akan manfaat latihan dan berolahraga secara teratur. Mengambil kebiasaan mereka yang sudah sehat dan sadar kesehatan dan menggabungkannya, maka nggak perlu ragu untuk mengatakan bahwa Korea Selatan akan mempertahankan tingkat obesitas terendah hingga beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Korea Selatan Dinobatkan Sebagai Negara Terinovatif Di Dunia Saat Ini, Selamat!

Sumber: (1) (2) (3)

Comments

Loading...